Mekah Terancam Dirudal, Saudi Panggil Menlu Negara OKI

Mekah Terancam Dirudal, Saudi Panggil Menlu Negara OKI

Kota Suci Mekah Arab Saudi. (foto - ist)

Mekah - Akhir bulan lalu, pemerintah Arab Saudi menyatakan pemberontak Yaman meluncurkan rudal ke arah Kota Suci mekah namun berhasil digagalkan. Berkaitan dengan itu, pemerintah Saudi segera mengadakan pertemuan darurat negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).
 
Termasuk Menteri Luar Negeri Indonesia Retno L.P Marsudi berangkat ke Arab Saudi Kamis besok, untuk menghadiri pertemuan tersebut. "Ibu Menlu Retno berangkat untuk mengikuti pertemuan negara-negara anggota OKI yang dilaksanakan pada 17 November di Mekah," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir.

Menurut pria akrab disapa Tata, salah satu negara anggota OKI bisa saja memanggil negara lain untuk melakukan pertemuan darurat, ketika ada satu hal yang dianggap penting dan mendesak. 

"Kemungkinan ada dua yang dibahas, pertama terkait dengan adanya peluncuran rudal yang diduga dari Yaman ke Saudi beberapa waktu lalu, dan kedua kemungkinan ada mekanisme penggantian Sekjen OKI," katanya.
 
Disebutkan, peluncuran rudal tersebut dianggap membuat ketidakstabilan di kawasan. Namun, hal tersebut dibantah oleh para pemberontak. Mereka menyebutkan mengarahkan rudal ke Bandara Internasional Jeddah, bukan ke Mekah. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,