Minyak Dunia Murah, Cina Turunkan Harga Bensin & Solar

Minyak Dunia Murah, Cina Turunkan Harga Bensin & Solar

Salah satu layanan SPBU di Cina. (foto - ilustrasi)

Beijing - Semakin turunnya harga minyak mentah dunia, membuat Cina segera menurunkan harga eceran bensin dan solar di dalam negerinya. Demikian pengumuman perencana ekonomi utama Cina, Rabu (16/112016).

Komisi Pembangunan dan Komisi Reformasi (NDRC) mengumumkan, harga bensin akan dipangkas sebesar 365 yuan (sekitar 53,7 dolar AS atau sekitar Rp 698.000) per ton, dan harga solar sebesar 355 yuan per ton mulai Kamis, yang merupakan penurunan terbesar tahun ini.

Di bawah mekanisme penentuan harga saat ini, jika harga minyak mentah internasional berubah lebih dari 50 yuan per ton dan tetap demikian selama 10 hari kerja, maka berbagai produk minyak seperti bensin dan solar di Cina akan disesuaikan.

Pada tahun ini, NDRC telah memotong harga eceran BBM sebanyak lima kali, dan menaikkan harga eceran BBM tujuh kali. "Dolar AS yang kuat dan meningkatnya persediaan minyak mentah Amerika Serikat, telah menyebabkan kemerosotan harga minyak mentah dunia," kata analis minyak mentah Li Ye, speerti dilansir Antara(Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,