19 Pengungsi Rohingya di Medan Direncanakan Pergi ke Amerika

19 Pengungsi Rohingya di Medan Direncanakan Pergi ke Amerika

Muslim Rohingya yang terdampar di Laut Aceh. (foto - ist)

Medan - Sebanyak 19 orang pengungsi Etnis Rohingnya yang selama ini ditampung di Lhokseumawe dan Gampong Timbang Langsa Provinsi Aceh, dipindahkan ke Medan. Mereka tiba di Medan, Selasa (22/11/2016) dan akan ditempatkan sementara di Hotel Beraspati Jalan Letjen Jamin Ginting Kota Medan.

Menurut Kepala Sub Pengawasan Orang Asing Imigrasi Polonia Medan Torang Pardosi, pemindahan ke-19 pengungsi itu dalam rangka persiapan penempatan mereka ke negara ketiga yang siap menampung mereka.

"Mereka kemari untuk mengikuti wawancara. Ke-19 orang itu merupakan prioritas. Mereka masuk ke Indonesia tahun 2015 lalu,” kata Torang.

Ia mengatakan, proses interview terhadap ke-19 pengungsi Rohingnya tersebut akan dilakukan di Hotel Grand Aston Medan dalam waktu dekat. Mereka akan di-interview langsung oleh petugas kedutaan dari negara ketiga yang akan menerima mereka.

"Rencananya mereka akan dikirim ke Amerika Serikat. Tahap pemindahannya mereka lulus interview baru dapat persetujuan negara ketiga. Namun kita belum tahu kapan mereka akan diberangkatkan,” tegasnya.

Torang menambahkan, selain 19 orang pengungsi ini, dalam waktu dekat akan ada 12 orang pengungsi Rohingya lain, yang dipindahkan ke Medan. Mereka menjadi bagian dari 157 orang pengungsi, yang menjadi prioritas untuk mendapatkan negara ketiga sampai tahun depan.

"Semoga prosesnya cepat tidak ada kendala. Saat ini separuhnya sudah di interview oleh Kantor PBB untuk urusan pengungsi (UNHCR) untuk dikirim ke Amerika," katanya.

Sejauh ini, di Medan terdapat sekira 186 orang pengungsi Rohingya asal Mynamar. Mereka merupakan pengungsi yang masuk pada tahun 2016, dan kini ditampung di Hotel Beraspati Medan. "Untuk yang di Medan kita belum tahu kapan akan diberangkatkan ke negara ketiga,” katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,