PT DI Kirim Pesawat CN235-220M Pesanan Royal Thai Police

PT DI Kirim Pesawat CN235-220M Pesanan Royal Thai Police

Satu unit pesawat jenis CN235-220M segera melakukan ferry flight (terbang kirim) ke Bandara Internasional Hat Yai, Thailand dari Hanggar PT Dirgantara Indonesia Kota Bandung. (foto - ist)

Bandung - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) mengirim pesawat CN235-220M Multi Purpose Airfcraft ke Negeri Thailand. Pesawat terbang tersebut merupakan pesanan Royal Thai Police (RTP).

Pengiriman pesawat terbang dilakukan di landasan Bandara Husein Sastranegara, Bandung menuju Bandara Internasional Hat Yai, Thailand bagian selatan, Jumat (25/11/2016). Ferry flight (kirim terbang) disaksikan langsung Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Direktur Utama PT DI Budi Santoso, Executive Assistant Managing Director Thai Aviation Industry Ltd Th Group Captain Manoon Nangern.

"Pesawat tersebut akan tiba di Thailand sekitar lima jam," kata Budi Santoso. Setelah tiba di Bandara Internasional Hat Yai Thailand, pesawat akan diterbangkan kembali ke bandara Internasional Don Muang, Bangkok Thailand, Sabtu (26/11/2016). Untuk kemudian pesawat akan melakukan final acceptance oleh Royal Thai Police selaku end user.

Menurutnya, pembelian CN235-220 tersebut menambah jumlah pesawat terbang di udara Thailand. Dua unit CN235-220 telah digunakan oleh MoAC Thailand yang dibuat PT DI. Pesawat terbang CN235-220M tersebut dapat berfungsi sebagai angkutan VIP, troop transport, medical evacuation, passanger transport dan cargo yang dapat dimanfaatkan bergantian sesuai kebutuhan RTP.

Pesawat juga dilengkapi pintu depan yang bisa dipakai sebagai pintu masuk dan keluar, untuk tamu VIP atau VVIP. "Ada juga pintu belakang khusus yang dibuka ke arah dalam dan cukup besar untuk dipakai operasi terjun payung," katanya.

Ia menyatakan, ramp door diberikan di pesawat ini untuk jalur keluar masuk barang, yang ukurannya cukup besar untuk satu kendaraan kecil. Penandatanganan kontrak pengadaan pesawat terbang CN235-220M tersebut, telah dilaksanakan pada 19 September 2014 antara PTDI dan Thai Aviation Industries Co., Ltd. Lewat ferry flight tersebut bisa dibuktikan, kepercayaan Pemerintah Thailand terhadap Indonesia cukup tinggi. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,