Bungkam Singapura, Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2016

Bungkam Singapura, Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2016

Indonesia tundukkan Singapura 2-1 lewat gol Andik dan Lilipaly di Piala AFF 2016 Manila. (foto - ist)

Manila - Tertinggal lebih dulu, Indonesia mampu membalikkan keadaan dengan menggulingkan Singapura di Rizal Memoriam Stadium, dalam laga pamungkas Grup A Piala AFF 2016. Pasukan Alfred Riedl itu menutup pertandingan dengan kemenangan 1-2 dari Singapura, Jumat (25/11/2016) malam.

Lewat kemenangan tersebut, Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2016, karena di laga lain Filipina ditaklukkan Thailand dengan skor tipis 1-0. Calon lawan Merah Putih juara grup B, yakni di antara Vietnam, Myanmar, dan Malaysia.

Sejumlah peluang mampu diciptakan Indonesia. Pada menit kelima lewat tendangan bebas mengenai tiang gawang. Bola muntah yang langsung disapu Boaz juga belum menemui target. Tampil dominan dari Singapura, Andik Vermansyah melakukan percobaan dari jauh. Namun tendangan kerasnya hanya menyentuh jaring atas gawang Hassan Abdullah Sunny.

Gawang Indonesia justru kebobolan di menit 27 lewat M Khairul Amri. Memanfaatkan sundulan M Safuwan Baharudin, pemain bernomor punggung 19 itu langsung menyambut bola dengan tendangan gunting. Singapura memimpin 1-0.

Dalam laga tersebut lini tengah Singapura terbukti solid dalam menahan kreativitas para pemain Indonesia. Kapten The Lions, Hariss Harun tampil sangat agresif dan kerap melanggar Stefano Lilipaly, Evan Dimas dan Andik Vermansyah. Skor 1-0 untuk Singapura bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia praktis menyerang total, tapi justru membuat lubang di lini pertahanan. Singapura hampir menambah keunggulan jika tendangan jarak dekat Khairul Amri tidak ditepis penjaga gawang Kurnia Meiga. Unggul satu gol membuat Singapura tampil bertahan. Khairul Amri yang berada di area Indonesia pun lebih banyak beramin di are sendiri.

Skor imbang setelah Andik Vermansyah mencetak gol ke gawang Singapura. Menerima umpan lambung Rizki Pora, winger itu menyambutnya dengan tendangan voli yang merobek jala gawang Hassan Abdullah Sunny.

Setelah gawang Hassan Abdullah Sunny bobol, sundulan Harris Harun hampir membuat skor berubah jika Kurnia Meiga tidak melakukan penyelamatan. Gol yang ditunggu akhirnya tercipta menit 85 lewat kaki Stefano Lilipaly. 

Mendapat umpan dari Boaz, sang gelandang langsung melepaskan tendangan keras yang mengubah skor menjadi 1-2 untuk keunggulan Indonesia. Hingga wasit meniup peluit panjang tak ada gol tambahan yang tercipta. Indonesia unggul 2-1 atas Singapura.

Susunan Pemain"

Singapura: Hassan Abdullah Sunny; M Shakir Hamzah, Madhu M Mohana, M Faritz Abdul, Daniel Bennet; M Faris Ramli, Hariss Harun, M Safuwan Baharudin, M Yasir Hanapi/S Ishak, Anumanthan Mohan Kumar; M Khairul Amri.

Indonesia: Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, M Abduh Lestaluhu, Yanto Basna, Fachruddin; Evan Dimas/Ferdinand Sinaga, Stefano Lilipaly, Bayu Pradana, Andik Vermansyah, Rizki Pora/Zulham Zamrun; Boaz Solossa.

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,