Terancam Dicopot, Menpar Arief Yahya Hanya Tersenyum

Terancam Dicopot, Menpar Arief Yahya Hanya Tersenyum

Menteri Pariwisata Arief Yahya. (foto - ist)

Jakarta - Sejumlah upaya pengembangan terus dilakukan pemerintah, guna mendukung pencapaian target 20 juta wisatawan datang ke Indonesia pada 2019 mendatang. Jika target itu tidak tercapai, Menteri Pariwisata Arief Yahya terancam dicopot dari jabatannya. 

Sebab, dengan pembangunan maksimal yang dilakukan pemerintah, maka target tersebut memang dinilai realistis. Hal itu juga diprediksi bisa dicapai untuk melebihi yang dicapai oleh sejumlah negara tetangga.

Ditanya mengenai hal itu, Arief hanya tersenyum dan tertawa dengan peringatan Presiden Jokowi tersebut. Sebab menurutnya, memang sudah waktunya untuk dipecat apabila target 20 juta wisatawan di tahun 2019 tidak tercapai.

"Diancam dipecat, responnya ketawa bahagia," canda Arief di Jakarta, Kamis (1/12/2016). Ia sendiri tetap optimis, apabila target tersebut akan tercapai. Namun demikian, pihaknya harus bekerja lebih keras dan cerdas lagi, untuk mencapai target yang diinginkan.

"Pada tahun ini kan 12 juta akan tercapai, tahun depan harus mencapai 15 juta memang berat, jadi harus ada pertumbuhan sekitar 25 persen. Oleh karena itu, kita harus kerja lebih cerdas lagi di tahun depan," tegas Arief.

Sebelumnya, Presiden Jokowi saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Hotel Borobudur Jakarta kembali menyinggung masalah pencopotan menterinya. Pihaknya akan melakukan pencopotan kalau target tak tercapai.

Disebutkan, banyak investor untuk bergerak di sektor pariwisata, sehingga untuk sumber daya manusianya melalui training vokasi, harus dilakukan secara besar-besaran. Apalagi, pemerintah resmi meluncurkan 10 destinasi wisata yang akan dikembangkan untuk menarik wisatawan yang disinyalir masih rendah.

Ia membandingkan dengan negara tentangga seperti Malaysia, yang bisa mendatangkan wisatawan 29,8 juta jiwa. Padahal, jumlah destinasi di Malaysia tidak sebanyak yang ada di Indonesia. Untuk itu, target 20 juta wisatawan dari luar negeri harus dipenuhi Menteri Pariwisata.

Jokowi pun mengancam, akan mencopot Menpar kalau target tidak tercapai. "Target saya ke Menteri Pariwisata 20 juta. Kalau nggak ketemu 20 juta, ya dicopot," tegasnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,