Penderita HIV/AIDS di Indonesia Capai Lebih 190 Ribu Orang

Penderita HIV/AIDS di Indonesia Capai Lebih 190 Ribu Orang

Peringatan Hari AIDS se-Dunia tanggal 1 Desember yang jatuh pada hari ini. (foto - ilustrasi)

Bandung - Memperingati Hari AIDS se-Dunia yang jatuh pada hari Kamis ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek mencanangkan gerakan Tes HIV, dalam rangka mencegah dan mengendalikan penularan HIV/AIDS.

Berdasarkan data yang dimiliki Menkes, sejak 2005 hingga Desember 2015 telah dilaporkan sebanyak 191.073 kasus orang terinfeksi HIV di Indonesia. "Pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah, karena sejak tahun 2005 hingga Desember 2015 telah dilaporkan 191.073 orang terinfeksi HIV.

Hal itu perlu menjadi perhatian banyak pihak," kata Menkes, lewat laman beritajatim.com ketika memperingati Hari AIDS Sedunia, Kamis (1/12/2016).

Menurutnya, Jawa Timur termasuk salah satu provinsi dengan penemuan kasus HIV yang tinggi. Selain itu, Provinsi DKI Jakarta, Papua, Jawa Barat dan Jawa Tengah juga termasuk di dalamnya.

Faktor penularan HIV disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor dengan persentase tertinggi (66 persen) disebabkan oleh hubungan seks heteroseksual. Diikuti faktor penggunaan jarum suntik (11 persen), hubungan seks antar sesama laki-laki (3 persen) serta penularan ibu ke anak (3 persen).

Sedangkan untuk jumlah kasus AIDS tertinggi adalah pada ibu rumah tangga, yang mencapai sebanyak 10.626 orang. Diikuti tenaga non professional/karyawan (9.603), wiraswasta (9.439), petani/peternak/nelayan (3.674), buruh kasar (3.191), penjaja seks (2.578), PNS (1.819) dan anak sekolah/mahasiswa (1.764).

Menkes menyatakan,  kampanye yang ia canangkan tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang HIV AIDS. Selain itu untuk menggerakkan peran serta aktif masyarakat secara luas dalam upaya pencegahan penularan HIV, menumbuhkan kesadaran tentang perlunya tes HIV untuk semua orang serta menghilangkan stigma untuk HIV. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,