RSI Surabaya Terbakar, Dokter Panik Pasien pun Dievakuasi

RSI Surabaya Terbakar, Dokter Panik Pasien pun Dievakuasi

Rumah Sakit Islam (RSI) Surabaya di Jalan Ahmad Yani Wonokromo dilanda kebakaran, Kamis (1/12/2016) malam sekitar sekitar pukul 22.30 WIB. (foto - ist)

Surabaya - Rumah Sakit Islam (RSI) Surabaya yang berada di Jalan Ahmad Yani Wonokromo Jawa Timur dilanda kebakaran, Kamis (1/12/2016) malam sekitar sekitar pukul 22.30 WIB.
 
Berdasarkan informasi, kebakaran itu diduga bermula dari kamar jenazah. "Sepertinya dari korsleting, karena setelah kebakaran semua lampu padam," kata Suratmi, salah seorang keluarga pasien.
 
Menurutnya, begitu melihat adanya kobaran api dan orang berlarian, ia pun segera kembali ke kamar tempat adiknya dirawat. "Ketika itu saya sedang jenguk adik saya yang sedang sakit, kemudian sebisa mungkin dan dibantu perawat kami bawa dia keluar," katanya.
 
Sejauh ini, api masih terus berkobar. Sebanyak tujuh unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk memadamkan kobaran api. Sejumlah pasien pun telah dievakuasi. Sedangkan untuk listrik saat ini juga telah dilakukan pemadaman. Sejumlah warga yang kebetulan melintas di depan rumah sakit tampak menghentikan kendaraannya untuk menonton peristiwa tersebut.
 
Sementara itu, Dirut RSI Surabaya dr. Samsul Arifin mengatakan, bangunan yang terbakar hanya bagian arsip dan tidak sampai merembet ke ruang rawat inap pasien. "Gudang arsip di belakang di lantai atas. Itu arsip-arsip yang sudah tak terpakai," katanya.
 
Menurutnya, meski demikian sesuai prosedur tetap (protap) pasien tetap dievakuasi, terutama yang ruangannya berdekatan dengan gudang arsip. "Pasien kita selamatkan, sesuai prosedur tetap," tegasnya. Namun tidak semua pasien dievakuasi, paling hanya sekitar 20 persen pasien dari kapasitas 111 tempat tidur.
 
Kebakaran di gudang arsip diperkirakan terjadi sekitar pukul 22.23 WIB. Api berusaha dipadamkan oleh pegawai rumah sakit dengan menggunakan 10 tabung alat pemadam api ringan, tapi tidak berhasil.
 
Setelah dinyatakan aman, puluhan pasien yang dievakuasi di halaman depan RSI Surabaya Wonokromo, diperbolehkan masuk ke ruang rawat inap. Selain dibantu oleh petugas medis, polisi pun ikut membantu mendorong kursi roda maupun bed (tempat tidur) pasien ke dalam rumah sakit. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,