Pemerintah Arab Saudi Pastikan Visa Haji dan Umrah Gratis

Pemerintah Arab Saudi Pastikan Visa Haji dan Umrah Gratis

Suasana di Bandara King Abdulaziz Kota Jeddah Arab Saudi. (foto - ist)

Riyadh - Pemerintah Arab Saudi sempat mengabarkan mengeluarkan kebijakan baru, terkait penerapan visa haji dan umrah berbayar pada tahun ini. Namun demikian, kebijakan tersebut dilaporkan batal.

Dikutip dari Middle East Monitor, Sabtu (3/12/2016) anggota Komite Tinggi untuk Haji dan Umrah Arab Saudi, Nasir Toruk menyatakan, Raja Salam bin Abdulaziz sendiri yang membatalkan kebijakan tersebut.

Keputusan pembatalan itu diberikan setelah muncul serangkaian protes dari warga Mesir dan Muslim dari negara lain, yang menyatakan biaya visa yang ditetapkan Arab Saudi dianggap mahal. Selain pembatalan, Arab Saudi akan memberikan dua visa gratis untuk setiap perusahaan berizin, yang bekerja di bidang haji dan umrah.

Menanggapi hal itu, mantan Kepala Komite Wisata Religius di Mesir, Basel al Sisi mengatakan, pembatalan itu akan memiliki dampak positif untuk sektor wisata religi. Ia menyebutkan, keputusan Arab Saudi tersebut bergerak menuju arah yang tepat.

Sementara itu, Bandara King Abdulaziz di Kota Jeddah Arab Saudi sudah siap untuk menerima para jamaah dari seluruh dunia, meski musim haji masih beberapa bulan lagi.
 
Menurut otoritas bandara, Bandara King Abdulaziz siap untuk melayani 15.000 penerbangan dari seluruh dunia. "Kami telah melakukan renovasi Terminal Haji dan siap beroperasi tahun ini, karena pembangunan ruang tunggu di bagian utara dan selatan telah selesai,” kata Kepala Bandara King Abdulazis, Khalid Al-Harby, seperti dilansir Al Arabiya.
 

Selain itu, pembangunan jalan raya dan sarana transportasi menuju tempat-tempat ibadah, seperti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga sudah selesai. Namun, khusus untuk Masjidil Haram renovasi di kiblat umat muslimin tersebut masih belum selesai seratus persen.

 

 

Selain masalah infrastruktur, Arab Saudi juga berjanji untuk mempermudah proses imigrasi bagi para jamaah, sehingga tidak terjadi antrian panjang di Bandara King Abdulaziz. P

ihak Kerajaan Arab Saudi menjamin keamanan para jamaah saat pelaksanaan ibadah haji hingga pulang ke negaranya masing-masing. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,