Gempa 6,5 SR yang Mengguncang Aceh Tewaskan 26 Orang

Gempa 6,5 SR yang Mengguncang Aceh Tewaskan 26 Orang

Sejumlah bangunan hancur akibat diguncang gempa 6,5 SR di wilayah Pidie Jaya, Aceh Sumatera Utara. (foto - ist)

Aceh - Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 6,5 pada skala Richter yang mengguncang wilayah Pidie Jaya, Aceh terus bertambah.

"Info dari BPDA di lapangan hingga pukul 09.54 WIB di Kabupaten Pidie Jaya mencapai 25 orang meninggal dunia," kata Deputi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Mayjen TNI Heronimus Guru, Rabu (7/12/2016).

Menurut Heronimus, berdasarkan informasi itu ada juga satu orang warga yang meninggal dunia di Kabupaten Bireuen. "Info dari BPDA Kabupaten Bireuen, satu orang juga meninggal dunia. Memang agak sulit melakukan koordinasi di lapangan," katanya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Pidie Jaya Said Muliadi mengatakan, banyak ruko, masjid dan rumah hancur berantakan saat gempa bumi berlangsung.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melansir, lokasi gempa bumi berada pada 18 kilometer Timur Laut Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Gempa yang berada di koordinat 5.19 Lintang Utara-96.36 Bujur Timur itu tidak berpotensi tsunami, namun terjadi pagi sekali sekitar pukul 05.30 WIB.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menetapkan besaran gempa bumi di Aceh berkekuatan 6,5 pada skala Richter. Awalnya, gempa disebutkan berkekuatan 6,4 SR saat terjadi sekitar pukul 05.03 WIB.

Kepala Sub-Bidang Informasi BMKG Harry Tirto Djatmiko menjelaskan, kekuatan 6,4 SR adalah data awal ketika terjadi tumbukan. Namun, setelah dianalisis dari beragam data, disimpulkan kekuatan gempa ada pada 6,5 SR.

"Terkait gempa pertama 6,4 SR itu adalah catatan kami pertamakali muncul gempa, hasil update dan analisis terbaru menunjukkan 6,5 SR," kata Harry. Kejadian itu termasuk gempa daratan namun tidak menimbulkan tsunami,” katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,