Mar'ie Muhammad Dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta

Mar'ie Muhammad Dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta

Prosesi pemakaman Mar'ie Muhammad di TPU Tanah Kusir Jakarta. (foto - ist)

Jakarta - Menteri keuangan era Orde Baru, Mar'ie Muhammad tutup usia hari Minggu (11/12/2016). Alumni Himpunan Mahasiswa Islam yang semasa hidup dikenal dengan sebutan Mr. Clean itu, mengembuskan napas terakhirnya dinihari di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional.

Meski negara menyiapkan pemakaman di Taman Makam Pahlawan Kalibata, tampaknya Mar’ie telah berwasiat, ia ingin dikebumikan di TPU Tanah Kusir. Wasiat itu ditunaikan. Jenazah Mar’ie dibawa ke TPU Tanah Kusir setelah disalatkan di Masjid Al Azhar Jakarta Selatan. Setibanya di TPU Tanah Kusir, upacara pemakaman militer pun digelar. Upacara militer itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan negara kepada Mar'ie.

Beberapa pejabat tampak mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatan terakhirnya. Antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD. Dalam upacara itu, Mardiasmolah yang bertindak sebagai inspektur upacara.

"Sosok almarhum sangat bermanfaat untuk dijadikan suri tauladan bagi kita yang masih hidup. Kami menyadari, almarhum sebagai manusia biasa tak luput dari kesalahan dan kealpaan. Untuk itu, saya mengajak hadirin melapangkan dada memaafkan kesalahan (almarhum) semasa hidupnya," kata Mardiasmo dalam sambutannya.

Mahfud MD pun memberikan sepatah dua patah kata, mewakili pihak keluarga dan alumni Himpunan Mahasiswa Indonesia. "Mewakili keluarga dan juga alumni HMI, saya sampaikan apabila Pak Mar'ie memiliki kesalahan, mohon dimaafkan dan jika ada urusan yang belum diselesaikan, silakan menjumpai pihak keluarga," kata Mahfud.

Setelah itu, prosesi penguburan jenazah dilakukan diiringi beberapa kali tembakan penghormatan oleh pasukan TNI dari Garnisun Tetap I DKI Jakarta. Meski sempat diguyur hujan rintik, upacara pemakaman tetap berjalan sesuai rencana.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menampakkan raut wajah yang sedih. Ia yang datang dengan mengenakan pakaian serba hitam, duduk di samping istri almarhum dan mengikuti prosesi pemakaman sejak awal hingga selesai. Sri Mulyani juga sempat terlihat beberapa kali menyeka matanya yang basah karena menangis.

"Saat menjadi menkeu, beliau selalu konsisten dalam menjaga keuangan negara, sangat sederhana. Beliau tak hanya membersihkan diri sendiri, tetapi membersihkan institusi. Saya sangat kehilangan," katanya di lokasi pemakaman sembari terisak.

Sebelum diberangkatkan ke TPU Tanah Kusir, serah terima jenazah dilakukan dari pihak keluarga yang diwakili anak pertamanya, Rifki ke pihak negara yang diwakili Kepala Staf Garnisun Tetap I DKI Jakarta Brigjen TNI AD Almost Beard Maliogha di Mesjid Yayasan Al-Azhar. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,