Truk Seruduk Pasar Breitscheidplatz Menewaskan 12 Orang

Truk Seruduk Pasar Breitscheidplatz Menewaskan 12 Orang

Suasana di lokasi insiden truk menabrak kerumunan warga di Pasar Natal di Berlin Jerman, Senin (19/12/2016) malam waktu setempat. (foto - Reuters)

Berlin - Sedikitnya 12 jiwa melayang dan puluhan lainnya mengalami luka-luka, menyusul serangan truk maut yang menyeruduk kerumunan massa di Pasar Natal Breitscheidplatz Berlin Jerman, Senin malam waktu setempat.

Seperti dikutip dari AFP, Selasa (20/20/2016) sejumlah petugas dengan ambulans dan alat berat langsung terlihat di lokasi kejadian, tak lama setelah serangan terjadi. Serangan itu disebut-sebut mirip dengan teror serupa, yang terjadi di Kota Nice Perancis pada Juli lalu.

Sebelumnya, seorang warga Australia Trisha O'Neil yang tengah duduk hanya beberapa meter dari lokasi penabrakan, menggambarkan kondisi yang begitu mencekam dan menakutkan. Ia melihat truk besar mengarah kepadanya, kemudian menyeruduk keramaian warga di depan matanya.

"Kami duduk hanya beberapa meter dari titik tabrakan. Ketika kami sedang menikmati wine, tiba-tiba 'boom' terdengar suara tabrakan keras," katanya, seperti dilansir The Australian Broadcasting Corporation.

"Saya melihat sebuah truk hitam besar melaju kencang menabrak sekian banyak orang, kemudian semua lampu mati, dan semuanya hancur. Saya bisa mendengar dengan jelas suara jeritan dan kami semua terpaku. Setelah itu, baru orang-orang bergerak, memindahkan dan mengangkat puing yang menimpa para korban," katanya.

Sementara itu Daily Mail melaporkan, sejumlah korban luka bergeletakan di jalanan pasar Breitscheidplatz bersama puing-puing dari kios yang ditabrak oleh truk tersebut. Darah dari korban luka maupun yang tewas pun berceceran di jalanan sekitar lokasi.

Sebanyak 12 orang dilaporkan tewas dan 48 lainnya terluka, setelah truk maut itu menyeruduk kerumunan pembeli di pasar Natal yang sibuk. Kendaraan berada di pinggir trotoar sebelum melaju melalui kerumunan, membelah orang-orang yang tengah berada di area pasar.

Teriakan suara panik pun terdengar lewat sebuah rekaman ketika para pejalan kaki coba membantu mereka yang mengalami luka. Sementara panel kayu dari kios-kios yang hancur dan dekorasi Natal di pasar, tampak berserakan di jalanan sekitar pasar.

Dalam kejadian itu, minuman anggur dari pasar Natal itu pun berjatuhan dan berserakan di lantai. Beberapa orang terlihat berlarian untuk mencari bantuan bagi korban luka. Polisi Jerman menyatakan, insiden itu terkait teror. Pria yang diduga sebagai sopir truk maut ditangkap, dan kini berada dalam tahanan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,