Jembatan Tertinggi di Dunia Resmi Dibuka untuk Umum

Jembatan Tertinggi di Dunia Resmi Dibuka untuk Umum

Jembatan Beipanjiang berdiri 565 meter di atas Sungai Beipan sepanjang 1.341 meter di pegunungan barat daya Cina. (foto - Reuters)

Guizhou - Jembatan yang berdiri di atas Sungai Beipan terletak di wilayah pegunungan barat daya Cina, secara resmi dibuka untuk umum. Jembatan bernama Beipanjiang Bridge tersebut dinobatkan menjadi jembatan yang tertinggi di dunia.

Sebagaimana dilansir laman Dezeen, Rabu (4/1/2016) Beipanjiang Bridge berdiri setinggi 565 meter di atas Beipan River. Pihak yang merancang adalah sejumlah insinyur asal Cina. Adapun rentang jembatan sepanjang 1.341 meter, yang membawa empat jalur lalu lintas di atas Beipan River.

Sebelumnya, jembatan tertinggi di dunia adalah Sidu River Bridge, yang juga berada di daratan Cina. Adapun tingginya sekitar 564 meter di atas permukaan sungai.

Jembatan yang menghubungkan antara Provinsi Guizhou dan Yunnan tersebut, diharapkan mampu mengurangi waktu tempuh perjalanan warga Cina. Khususnya mereka yang melintasi antara kota-kota Liupanshui dan Xuianwei, dari lima jam menjadi hanya dua jam.

Meski demikian, Beipanjiang Bridge tidak menjadi jembatan tertinggi di dunia. Gelar tersebut masih melekat pada jembatan Millau Viaduct, yang dibuat oleh Foster + Partners setinggi 245 meter, namun dengan sebuah dek berdiri megah dari atas permukaan tanah sekitar 270 meter.

meski demikian, sejumlah jembatan di Cina juga sempat beberapa kali memecahkan rekor lainnya. Misalnya, jembatan kaca tertinggi dan terpanjang di dunia, yang sudah dibuka pada awal 2016. Sementara jembatan laut terpanjang di dunia selesai pada 2011.

Contoh lainnya adalah Lucky Knot Bridge yang memiliki rancangan unik. Jembatan berwarna merah tersebut rampung dibangun oleh NEXT Architects pada Oktober 2016. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,