Lalin Sekitar Pasar Senen Ditutup Api pun Sulit Dipadamkan

Lalin Sekitar Pasar Senen Ditutup Api pun Sulit Dipadamkan

Hingga siang hari api masih berkobar di Blok 1, 2 dan 3 Pasar Senen, jalan di sekitar pasar yang berada di Jakarta Pusat itu pun ditutup. (foto - Dung)

Jakarta - Hingga siang sekitar pukul 10.00 WIB api masih berkobar di Blok 1, 2 dan 3 Pasar Senen. Jalan di sekitar pasar yang berada di Jakarta Pusat tersebut ditutup, sedangkan arus lalu lintas di sekitar pasar dialihkan.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Andri Yansyah menyatakan, Pemprov DKI dan Kepolisian Daerah Metro Jaya mulai memberlakukan pengalihan arus agar tindakan pemadaman yang dilakukan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI bisa lancar. 

Hal itu dimaksudkan agar kebakaran bisa lebih cepat dipadamkan. "Ada pengalihan arus lalu lintas akibat kebakaran di Pasar Senen," katanya.

Menurut Andri, ada juga tiga jalan yang ditutup akibat kebakaran, yaitu Jalan Kramat Bunder sisi utara yang melayani lalu lintas dari barat ke timur (samping underpass Senen), Jalan Bungur Besar kedua arah segmen Terminal Senen sampai Simpang Kramat Bunder) dan Jalan Gunung Sahari sisi timur yang melayani lalu lintas dari utara ke selatan (samping fly over senen). 

Sementara itu, salah seorang petugas pemadam kebakaran, Ganung (55) menyatakan, titik api yang melalap Pasar Senen berada di bagian tengah lantai 3 gedung tersebut. Kencangnya angin di lokasi membuat api cepat merembet ke segala arah, sehingga menyulitkan petugas untuk memadamkan api.

Selain itu, tidak adanya sumber air di dekat lokasi kebakaran. Sebelum api merambat cukup luas, anggota damkar sempat mengelilingi area Blok I hingga II, tapi mereka tak kuasa karena panasnya suhu di dalam gedung yang ditimbulkan dari kobaran api di dalam pasar.

Selain itu, petugas terkendala jalan sempit di dalam pasar dan tambah lagi banyaknya barang-barang di lokasi yang sangat mudah terbakar, seperti baju-baju, kain tekstil yang membuat api makin membesar. "Saya sudah tiga jam di dalam tidak kuat karena panas," katanya.

Berikut pengalihan arus lalu lintas:

1. Kendaraan dari arah Gunung Sahari yang akan menuju Jalan Suprapto dibelokkan ke Jalan Gunung Sahari 1, lanjut ke Jalan Kepu Selatan dan seterusnya. Sementara, kendaraan yang akan menuju Kramat diarahkan melalui fly over Senen. Layanan TransJakarta dari Ancol menuju Kampung Melayu juga diarahkan melalui fly over Senen.

2. Kendaraan dari arah Jalan Kramat, belok kanan ke arah Jalan Suprapto. Seluruh kendaraan diarahkan masuk underpass Senen.

3. Kendaraan dari arah Kwitang diarahkan seluruhnya masuk underpass Senen atau dibelokkan ke kiri ke arah Atrium.

4. Kendaraan dari arah Jalan Suprapto yang melintasi rel dilarang belok kanan ke Jalan Bungur. Kendaraan diarahkan lurus ke Simpang 5 Senen. Arus lalu lintas yang melewati underpass normal.

5. Kendaraan dari Jalan Angkasa menuju Pasar Senen yang melintasi Jalan Bungur, diputar balik kembali ke Jalan Angkasa di depan Terminal Senen dan diarahkan melalui Jalan Kepu Selatan atau Jalan Gunung Sahari 2. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,