Mahasiswa UMY Tewas Terjatuh Saat Mendaki Gunung Sumbing

Mahasiswa UMY Tewas Terjatuh Saat Mendaki Gunung Sumbing

Evakuasi korban mahasiswa UMY yang tewas terjatuh di Gunung Sumbing Kabupaten Magelang Jawa Tengah. (foto - ist)

Magelang - Salah seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) benama Bramantyansah (19), tewas setelah terjatuh saat mendaki Gunung Sumbing Kabupaten Magelang Jawa Tengah. 

Korban mengalami luka parah pada bagian kepala karena terjatuh ke jurang sedalam 10 meter. "Saat dievakuasi, korban mengalami luka serius di bagian kepala belakang," kata Kepala SAR Kabupaten Magelang Heri Suprawoto, Sabtu (21/1/2017).

Menurutnya, warga Bantul Yogyakarta itu sekitar pukul 08.00 WIB bersama 4 pendaki lainnya berangkat dari basecamp Butuh Kabupaten Temanggung Kaliangkrik. Diperkirakan korban mengalami kecelakaan pada pukul 13.00 WIB.


"Korban terjatuh ke jurang yang di dasarnya berupa sungai berbatu dan berair. Kedalamannya sekitar 10 meter," katanya. Sekitar pukul 14.00 WIB kejadian kecelakaan itu dilaporkan. Kemudian 11 personel tim naik menuju lokasi kejadian.

Sebanyak 11 personel gabungan terdiri atas unsur BPBD Kabupaten Magelang, anggota Polres Magelang, Damkar, PMI Kabupaten Magelang, petugas medis Puskesmas Kaliangkrik dan beberapa relawan yang merupakan warga sekitar.

Heri menjelaskan, lokasi jatuh tepat berada di titik Sungai 2 Pos 2. Kemudian tim berupaya untuk melakukan evakuasi korban. Korban berhasil dievakuasi dan diangkat dari jurang dengan menggunakan tandu darurat.

"Saat dievakuasi, korban mengalami luka serius di bagian kepala belakang. Namun, sekitar pukul 18.00 WIB setelah tiba di basecamp korban meninggal dunia," katanya.

Jenazah korban sekitar pukul 18.35 WIB dibawa ke Puskesmas Kaliangkrik Kabupaten Magelang, untuk penanganan lebih lanjut. "Jenazah langsung dibawa ke rumah duka di Bantul Yogyakarta, untuk disemayamkan dan rencananya akan dimakamkan Minggu," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,