60 Jam Lebih Petugas Padamkan Kobaran Api Pasar Senen

60 Jam Lebih Petugas Padamkan Kobaran Api Pasar Senen

Kebakaran Pasar Senen jakarta Pusat. (foto - ist)

Jakarta - Petugas pemadam kebakaran akhirnya mampu memadamkan kobaran api di Pasar Senen Jakarta Pusat, yang melahap ribuan kios pedagang sejak Kamis 19 Januari 2016 lalu. Api dinyatakan padam total, pada Sabtu (21/1/2017) pukul 17.30 WIB. 
 
Dalam kurun waktu lebih 60 jam pemadaman, puluhan unit pemadam kebakaran dan ratusan petugas diterjunkan. Menurut penuturan petugas Sudin Damkar Jakarta Pusat, penyebab pemadaman sulit dilakukan, salah satunya karena akses yang tertutup bagi petugas dan kendaraan pemadam. 
 
"Kenapa sulit dipadamkan, karena akses masih tertutup, toko-tokonya masih dirolling door," kata petugas. Faktor lainnya yang menyebabkan pemadaman memakan waktu lama, karena lokasi sumber air yang relatif jauh jaraknya dari sumber api. 
 
Menurutnya, dalam proses pemadaman dan pendinginan pada hari ini, sebanyak 42 unit pemadam kebakaran dan 160 petugas diterjunkan. Dari ratusan petugas itu, sejauh ini belum ada yang dilaporkan menderita infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) atau sakit lainnya. 
 
Seperti diketahui, api melahap blok III Pasar Senen sejak Kamis 19 Januari 2016 pukul 04.15 WIB. Api awalnya membakar lantai 1 Blok III, kemudian menyebar hingga membakar hingga lantai 3.
 
Tak kurang dari 1.012 unit kios ludes terbakar dalam kejadian peristiwa kebakaran tersebut, dengan total kerugian yang harus ditanggung pedagang mencapai Rp 101,2 miliar. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,