'Si Kardit' Kurus Ternyata karena Memang Sudah Sepuh

'Si Kardit' Kurus Ternyata karena Memang Sudah Sepuh

'Si Kardit' beruang kurus yang ada di Kebun Binatang Bandung. (foto - ist)

Bandung - Sekjen Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) Tony Sumampouw menyebutkan kondisi Kardit, beruang madu bertubuh kurus milik Kebun Binatang Bandung itu, dalam kondisi sehat.

Menurutnya, tubuhnya yang kurus bukan karena penyakit atau kekurangan makan. Namun Kardit kurus karena sudah berusia sepuh. Kardit sendiri diperkirakan berusia antara 23-24 tahun. Sementara usia harapan hidup beruang adalah 25-28 tahun.

"Iya dia kurus karena usia," kata Tony di Kebun Binatang Bandung, Sabtu (21/1/2017).

Selain perawakan yang kurus, Kardit juga sudah tanggal sejumlah giginya. "Kalau sudah tua kita lihat saja giginya (sebagian) sudah enggak ada. Apa mau dipulihkan bagaimana, pasang gigi palsu? Enggak mungkin. Sudahlah kalau sudah usia tua, tualah, mau diapain lagi," katanya.

Ia pun memastikan, beruang tersebut tidak kekurangan makan. Buktinya, 10 beruang madu lainnya justru kelebihan berat badan (obesitas). "Hampir rata-rata kegemukan, cuma satu yang kurus," tegas Tony.

Mengenai gemuknya 10 beruang madu lainnya, ia mengingatkan kepada pengelola agar mengatur asupan gizinya. Jangan sampai justru makanan yang diberikan berlebihan.

Tidak hanya untuk beruang, beberapa satwa lainnya di lokasi juga mengalami kegemukan, contohnya singa. Itu karena faktor pemberian makanan yang berlebih. "Saya bilang nutrisinya harus diseimbangkan agar pas," katanya.

Selain mengingatkan soal asupan makanan, Tony juga mengingatkan agar kandang beruang diperbaiki lebih baik lagi. Ia memaklumi karena perbaikan kandang bisa dilakukan secara bertahap. Ia pun sudah memberikan catatan, apa saja yang harus diperbaiki. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,