Tsunami Gempa 8,0 SR Papua Nugini Tak Terjang Indonesia

Tsunami Gempa 8,0 SR Papua Nugini Tak Terjang Indonesia

Gempa besar berkekuatan 8,0 pada skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kepulauan Solomon, Papua Nugini.

Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa besar yang terjadi di Kepulauan Solomon Papua Nugini, tidak bakal memicu terjadinya gelombang tsunami di Indonesia.

BMKG lewat keterangan tertulisnya menyebutkan, berdasarkan informasi yang diterima dari Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) gelombang tsunami diperkirakan terjadi di wilayah sekitar titik gempa, yakni sekitar wilayah Kieta, Amun, Rabaul (Papua Nugini) dan Panggoe, Falamae dan Ghatere (Kepulauan Solomon).

Berdasarkan informasi tersebut, BMKG meminta masyarakat pesisir di wilayah Indonesia agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Seperti diketahui, gempa besar berkekuatan 8,0 pada skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kepulauan Solomon, Papua Nugini. Namun, kekuatan gempa diperbaharui USGS dari 8,0 SR menjadi 7,9 SR.

Berdasarkan informasi dari United States Geological Survey (USGS), Badan Survei Geologi Amerika Serikat menyatakan, gempa terjadi pada pukul 04.30.24 waktu setempat.

USGS menyebutkan, pusat gempa berada pada koordinat 6.267°S 155.119°E, dan guncangan gempa berpotensi menyebabkan munculnya gelombang tsunami. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,