Dua Mahasiswa UII Yogya Tewas Usai Pendidikan Mapala

Dua Mahasiswa UII Yogya Tewas Usai Pendidikan Mapala

Gunung Lawu Lereng Selatan Tawangmangu Jawa Tengah. (foto - blog)

Yogyakarta - Dua mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, yakni M Fadhli dan Syait Asyam tewas, setelah mengikuti acara pendidikan dasar yang digelar Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UII, di Gunung Lawu Lereng Selatan Tawangmangu Jawa Tengah.
 
Fadhli adalah mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2014, meninggal pada Jumat 20 Januari 2017 dalam perjalanan menuju RSUD Karanganyar Jawa Tengah. Sedangkan Syait, mahasiswa program studi Teknik Industri angkatan 2015 meninggal dunia, Sabtu 21 Januari 2017 di RS Bethesda Yogyakarta.
 
Rektor UII, Harsoyo pun langsung membentuk tim internal untuk menyelidiki kematian dua mahasiswa tersebut. "Kita langsung membentuk tim untuk mengungkap kejadian tersebut," kata Harsoyo, Minggu (22/1/2017).
 
Menurutnya, tim tersebut beranggotakan pimpinan UII bidang kemahasiswaan, bidang medis dan forensik, serta bidang hukum. "Tim sedang menelusuri serta mencari fakta dan informasi yang lengkap, terkait meninggalnya Muhammad Fadhli dan Syait Asyam," katanya.
 
Aktivitas The Great Camping (TGC) diikuti kedua korban merupakan kegiatan rutin dasar unit kegiatan mahasiswa Mapala, yang setiap tahun dilaksanakan. "Ini TGC ke-37 dan diikuti 37 peserta dan dilaksanakan di Gunung Lawu lereng selatan. Kegiatan ini sepengetahuan universitas," tegas Harsoyo.
 
Ia memastikan, UII siap bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengusut kasus tersebut. Pihaknya bakal menindak oknum yang terlibat dan terbukti melakukan penyimpangan prosedur.
 
"Jika terbukti terjadi penyimpangan, seluruh kegiatan termasuk pendidikan dasar seperti TGC, akan dibekukan sampai ada komitmen untuk perbaikan mekanisme pelaksanaan yang sesuai prosedur," tambah Harsoyo. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,