Densus 88 Amankan Istri Petinggi ISIS Asal Indonesia

Densus 88 Amankan Istri Petinggi ISIS Asal Indonesia

Bahrumsyah.

Jakarta - Salah seorang perempuan ikut diamankan dari 17 warga negara Indonesia (WNI), yang dipulangkan otoritas Turki pada 21 Januari 2017 lalu. Perempuan itu ternyata istri ketiga dari seorang petinggi ISIS asal Indonesia, Bahrumsyah.

Bahrumsyah diketahui merupakan salah satu pentolan Katibah Nusantara, yakni sebuah wadah yang menampung orang asal Indonesia, Malaysia atau Filipina untuk bergabung dengan ISIS di Suriah.

"Yang di Bambu Apus itu berinisial NK, kalau enggak salah namanya Nia Kurniati. Itu istri Bahrumsyah. Ia memang seorang janda diperistri oleh Bahrumsyah," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto, Selasa (7/2/2017).

Di kalangan kelompok pro ISIS, Bahrumsyah dikenal sebagai pria pemilik nama Abu Muhammad Al Indonesi. Ia pernah mengunggah video youtube untuk mengajak orang Indonesia berpartisipasi ke ISIS pada tahun 2014.

Menurut Rikwanto, terungkapnya sosok istri ketiga dari Bahrumsyah itu dari pengamanan terhadap 17 WNI yang dipulangkan oleh otoritas Turki pada akhir Januari lalu.

Namun demikian, dari pemeriksaan sementara tidak ada bukti keterlibatan mereka dalam melakukan tindak pidana terorisme. "Setelah pemeriksaan oleh Densus di Kelapa Dua, tidak ditemukan unsur-unsur dia telah melakukan terorisme," katanya.

Sejauh ini, kepolisian terus mendalami dugaan jaringan sel teroris, yang digawangi oleh Bahrumsyah di Indonesia. "Sedang didalami," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,