Bangunan Perpustakaan SD Pakuan Bogor Ambruk

Bangunan Perpustakaan SD Pakuan Bogor Ambruk

Petugas membersihkan ruang perpustakaan SD Pakuan Bogor yang atapnya ambruk. (foto - ist)

Bogor - Atap bangunan milik Sekolah Dasar (SD) Pakuan yang berada di Kompleks Pakuan 2 Kelurahan Pakuan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, Jawa Barat ambruk.

Menurut Camat Bogor Selatan, Sujatmiko Baliarto peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (12/2/2017) sekitar pukul 09.00 WIB. Ambruknya ruangan tersebut karena bagian atap sudah rapuh termakan rayap.

"Kejadiannya karena atap yang berada di ruang perpustakaan yang juga menyatu dengan ruang komputer memang sudah rapuh, sehingga ambruk," katanya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu karena tidak ada aktivitas berlajar mengajar. Namun, kedua ruangan dan beberapa barang mengalami kerusakan parah.

"Saat ini tengah dilakukan pembersihan matrial dan pemindahan peralatan ke lokasi aman, juga pemasangan terpal di bagian atap ruangan yang ambruk," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor Fahrudin mengatakan, ambruknya atap ruang perpustakaan di SDN Pakuan memang dikarenakan kondisi kayu yang sudah lapuk.

"Ini bangunan tambahan tahun 2008, ada lahan kosong jadi dibuat perpustakaan. Mungkin karena hujan genting jadi basah dan bebannya semakin berat," kata Fahrudin.

Namun demikian, pihaknya merasa bersyukur kejadian itu tidak menimbulkan korban dari murid-murid, karena terjadi pada hari libur sekolah.

Pihak sekolah langsung membersihkan ruang perpustakaan tersebut dari puing-puing atap bangunan yang roboh. "Buku-buku perpustakaan sebagian ada yang basah karena terkena air hujan. Kerugiaan belum dihitung, tapi proyektor dan komputer aman," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,