Bendungan Oroville Terancam Ambrol Warga Dievakuasi

Bendungan Oroville Terancam Ambrol Warga Dievakuasi

Bendungan Oroville di California Amerika Serikat terancam ambrol. (foto - Associated Press)

California - Warga di Kota Oroville dan wilayah Yuba di California Amerika Serikat (AS) diperintahkan untuk segera mengungsi, setelah jalur air darurat bendungan darurat Oroville diperkirakan bakal ambrol.
 
Seperti dilaporkan Sputnik, Senin (13/2/2017) akibat perintah itu kemacetan parah terjadi, ketika orang-orang berusaha untuk meninggalkan daerah berbahaya. Hujan deras dan salju yang melanda California di musim dingin ini, telah menyebabkan bendungan Oroville penuh hingga nyaris kehabisan daya tampungnya.
 
Curah air tersebut memaksa Departemen Sumber Daya Air (DRW) California membuka pintu air, untuk melepaskan air dari dalam bendungan. Namun, pekan lalu sebuah lubang besar muncul di jalur air bendungan, yang dikhawatirkan akan membesar sampai mencapai lapisan batuan yang keras.
 
Untuk mengatasi hal itu petugas bendungan memanfaatkan penggunaan jalur air darurat yang sayangnya mengalami erosi sangat parah, sehingga diragukan dapat bertahan.
 
Jalur air adalah saluran yang digunakan untuk mengalirkan air agar dapat dilepaskan dengan cara yang terkendali. Masalah sebenarnya telah terlihat sejak beberapa hari sebelumnya. Namun, para pejabat berwenang berharap dapat menghindari penggunaan jalur air darurat. 
 
Kejadian itu merupakan pertamakalinya di jalur air bendungan yang hampir berusia 50 tahun itu. Sabtu pekan lalu, air terlihat telah mengalir keluar dari jalur darurat untuk pertamakalinya dalam sejarah bendungan. 
 
Jika erosi terjadi di jalur darurat, maka air akan mengalir tanpa terkendali dan dapat menyebabkan banjir bandang. Bendungan Oroville adalah bendungan tertinggi di AS, sekaligus penyimpan cadangan air kedua terbesar di California. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,