Ratusan Rumah di Rancaekek Terendam

Ratusan Rumah di Rancaekek Terendam

Ratusan Rumah di Rancaekek Terendam

Rancaekek  - Akibat tingginya curah hujan menyebabkan Sungai Cikeruh meluap, Kamis (13/11/2014) malam, sehingga menyebabkan banjir yang melanda ratusan rumah di Kampung Bojongpulus, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung hingga ketinggian 1 meter.

Budi Ruhikmat (32), salah seorang warga Kampung Bojongpulus mengatakan, hujan deras yang terjadi di daerah Jatinangor Kabupaten Sumedang, sehingga air Sungai Cikeruh meluap. Akibatnya luapan air mulai masuk ke permukiman warga sekitar pukul 18.30 WIB. Hingga sekitar pukul 21.30 air terus meninggi.

"Hujan di sini  tidak terlalu besar, tetapi hujan besar di Jatinangor, jadi akhirnya Sungai Cikeruh meluap dan banjir ke permukiman kami," ungkapnya.

Menurutnya, meski air yang masuk ke dalam rumah sudah berkurang,  kebanyakan warga masih banyak yang bertahan di rumah. Masing-masing mereka masih menunggu air turun.

"Saya dan warga yang dekat rumah masih bertahan di rumah walaupun air  sudah turun sekitar 1 meter. Kami masih menunggu air surut sampai siang," bebernya.

Kampung tersebut bisa dikatakan memang langganan banjir, ketika musim penghujan seperti ini. Hal tersebut disebabkan oleh pendangkalan dasar sungai. Sehingga, ketika air besar tiba dapat dipastikan air  meluap dan masuk ke permukiman penduduk.

Dirinya berharap, pemerintah mampu kembai menormalkan semua anak Sungai Citarum. Sehingga, mereka yang tinggal di sepanjang sub-DAS Citarum ini tidak selalu menjadi bulan-bulanan banjir. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bencana,