Empat Warga AS Jadi Korban Kecelakaan Pesawat di Australia

Empat Warga AS Jadi Korban Kecelakaan Pesawat di Australia

Pesawat carter yang membawa lima penumpang terjatuh menimpa sebuah pusat perbelanjaan di Essendon Fields Melbourne Australia. (foto - New Straits Times)

Melbourne - Pesawat carter yang membawa lima penumpang, saat jatuh dan menimpa sebuah pusat perbelanjaan di Essendon Fields Melbourne Australia. Pesawat twin-engine Beechcraft King Air B200 itu, jatuh sekitar pukul 09.00 waktu Melbourne.
 
"Sejauh ini tidak ada korban jiwa selain mereka yang berada di dalam pesawat. Penerbangan carter itu sepertinya mengalami kegagalan mesin saat take-off dari bandara kecil di Essendon Melbourne," kata Asisten Komisaris Polisi Victoria, Stephen Leane.
 
Seperti dilansir BBC, Selasa (21/2/2017) Pejabat Kepolisian Victoria, Lisa Neville mengatakan lima orang yang berada di dalam pesawat jatuh itu dilaporkan tengah bepergian ke King Island, Tasmania di dekat Selat Bass.
 
Menurut laporan Herald Sun, pilot pesawat itu, Max Quartermain (63) sedang bersama istrinya Cilla saat insiden itu terjadi. Quartermain merupakan penerbang veteran dan pemilik Corporate and Leisure Aviation, perusahaan yang mengoperasikan pesawat nahas itu. 
 
Website perusahaan tersebut mengatakan, Quartermain telah memiliki Air Operations Certificate lebih dari 38 tahun dan catatan keselamatan "sempurna".
 
Dikutip dari Daily Mail, Greg Reynold (70) yang merupakan Warga Negara Amerika, juga diyakini tewas dalam kecelakaan bersama dengan dua orang rekannya. "Teman-teman dan keluarga tersayang, kakak laki-lakiku tewas dalam kecelaaan pesawat hari ini dalam melakukan perjalanan 'sekali seumur hidup' ke Australia," tulis adik perempuan Reynolds, Denelle Wicht. 
 
"Ia naik pesawat carter dengan dua orang rekannya dalam penerbangan ke pulau lain untuk bermain golf," kata Wicht.
 
Sementara itu Kedutaan Amerika Serikat mengatakan, staf konsulatnya di Melbourne, saat ini tengah bekerja dengan pihak berwenang Victoria di tengah adanya laporan, empat orang penumpang yang tewas dalam kecelakaan pesawat Essendon merupakan Warga Negara Amerika Serikat.
 
"Kami menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga dan orang terkasih korban yang tewas dalam kecelakaan tragis hari ini," ujar seorang juru bicara kedutaan seperti dilansir The Australian.
 
"Kami tak dapat mengonfirmasi tentang detail soal identitas atau kewarganegaraan para korban. Konsulat AS di Melbourne saat ini sedang bekerja bersama pihak berwenang lokal untuk membantu dengan cara apa pun yang mungkin dilakukan," ungkapnya.
 
Polisi mengatakan, mereka sudah mensterilisasi lokasi kecelakaan pesawat tersebut. Jalan bebas hambatan di dekatnya pun ditutup di kedua arahnya untuk sementara waktu. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,