7 Orang Tewas Bus Solaris Jaya Terguling di Tawangmangu

7 Orang Tewas Bus Solaris Jaya Terguling di Tawangmangu

Evakuasi korban tewas bus pariwisata Solaris Jaya yang terguling ke sungai sedalam 10 meter di wilayah Gondosuli Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. (foto - ist)

Karanganyar - Sedikitnya tujuh penumpang tewas setelah bus pariwisata Solaris Jaya yang mereka tumpangi terguling, kemudian masuk ke Sungair Banaran. Bus tersebut terjun ke sungai sedalam 10 meter di wilayah Gondosuli Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Minggu (26/2/2017), sekitar pukul 12.30 WIB.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Polisi Djarod Padakova membenarkan kecelakaan yang dialami bus pariwisata PO Solaris Jaya tersebut. "Tiga meninggal di tempat kejadian, tiga lainnya dalam perjalanan ke rumah sakit, dan seorang lagi setelah memperoleh perawatan," katanya.

Selain korban tewas, sejumlah penumpang pun mengalami luka-luka. Dugaan sementara, kecelakaan tunggal itu disebabkan rem bus yang tidak berfungsi saat melaju di jalan yang menurun. Dari informasi, kecelakaan itu bermula ketika bus melaju dari arah Magetan, Jawa Timur.

Bus asal Sidoarjo yang mengangkut sekitar 29 penumpang itu bertujuan menuju lokasi wisata di wilayah Tawangmangu. Saat memasuki jalan umum di Gondosuli, bus melaju kencang hingga tidak berhenti. Bus terperosok dan terguling ke sebuah sungai sedalam 10 meter.

Tawangmangu memang menjadi tujuan orang-orang berwisata, baik pribadi atau rombongan. Setiap libur hari besar atau akhir pekan, kawasan ini selalu ramai dikunjungi.  Tawangmangu adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Tawangmangu juga terkenal sebagai daerah wisata yang sejuk seiring lokasinya di lereng Gunung Lawu. Wilayah itu bisa ditempuh dengan kendaraan darat selama sekitar satu jam dari Kota Solo. Objek tujuan wisata utama adalah air terjun Grojogan Sewu setinggi 81 meter.

Di objek wisata itu tersedia berbagai sarana pendukung wisata seperti kolam renang dan berbagai bentuk penginapan. Tawangmangu juga bisa menjadi titik tolak pendakian ke puncak Gunung Lawu tepatnya dari Pos Cemorokandang. Dari sini terdapat jalan tembus yang menuju ke Telaga Sarangan di Magetan lewat Cemorosewu.

Tawangmangu berada pada arel pegunungan yang subur dikelilingi oleh hutan dan perbukitan. Selain udaranya yang sejuk, daerah ini terkenal dengan produksi pertanian penghasil beragam tanaman. Beberapa destinasi piknik di Tawangmangu, antara lain Grojogan Sewu, Air Terjun Pringgodani, Puncak Lawu, Sentra Tanaman Hias juga area berkemah. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,