Longsor Timbun Sejumlah Rumah di Cililin Bandung Barat

Longsor Timbun Sejumlah Rumah di Cililin Bandung Barat

Lima warga yang mengalami luka langsung dilarikan ke RS Cililin dan ke Pesantren Al Huda dan SMAN 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat. (foto - Twitter)

Bandung - Dua lokasi di Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat (KBB) diterjang longsor. Dua lokasi itu, yakni kawasan Jalan Cinangsi Desa Karang Tanjung, longsor juga menimbun wilayah RW 12 Kampung Jati Radio Desa Cililin, Jumat (10/3/2017) sekitar pukul 21.10 WIB.

Sedikitnya lima rumah warga tertimpa material longsoran di dua lokasi tersebut, yakni batu dan tanah dari lereng Pasir geger Pulus. Lima rumah yang tertimpa longsor, yakni milik Ibu Onih, Asep, Amin, Jure dan Yoyo. Selain menimbun rumah, longsor juga mengakibatkan Asep dan Rahmat mengalami luka berat.

Ketika warga RW 12 itu dievakuasi ke Pesantren Al Huda dan SMAN 1 Cililin, petugas bersama warga masih mencari warga lainnya yang mungkin tertimbun longsor.

Musibah longsor tersebut mengakibatkan lima warga mengalami luka-luka, dan sudah dibawa ke RS Cililin. Mereka yakni Asep Suparmin (45), Cecep Rahmat (24), Dikdik Sodikin (45) dan Heru Ali Hasini (25), yang seluruhnya warga Kampung Jati Radio RT 02/RW 12 Desa Cililin Kabupaten Bandung Barat.

Diduga, penyebab longsor akibat derasnya guyuran hujan di kawasan tersebut, sejak Jumat sore hingga malam hari. Selain rumah, material longsoran juga menutupi ruas Jalan Cinangsi, sehingga kemacetan kendaraan pun tak terhindarkan.

Sementara anggota Koramil setempat dibantu instansi terkait lainnya termasuk masyarakat sekitar, bahu membahu membantu para korban yang rumahnya tertimpa material longsoran.

Komandan Kodim 0609/Kabupaten Bandung Letkol Arh. Antonius Andre Wira Kurniawan langsung memerintahkan Danramil 0915/Cililin Kapten Inf. Erwin beserta anggotanya, untuk membantu warga yang rumahnya rusak. Termasuk membantu membersihkan material longsoran batu dan tanah yang ada di lokasi. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,