KH Hasyim Muzadi Tutup Usia pada Usia 73 Tahun

KH Hasyim Muzadi Tutup Usia pada Usia 73 Tahun

KH Salahuddin Wahid memimpin salat jenazah KH Hasyim Muzadi di Masjid Al Hikam, Kota Malang Jawa Timur. (foto - ist)

Malang - Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Ahmad Hasyim Muzadi meninggal dunia, Kamis (16/3/2017) pagi pukul 06.00 WIB. Hasyim meninggal pada usia 73 tahun.

Hasyim Muzadi mengembuskan napas terakhirnya saat berada di pesantren. Seluruh keluarga saat ini sudah berada di sana. "Mohon dimaafkan segala kesalahannya," kata salah seorang menantunya, Arif. Meninggalnya tokoh Islam kenamaan itu juga disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melalui akun Twitternya.

Lukman meminta agar semua warga mendoakan almarhum. "Telah wafat KH. Hasyim Muzadi pagi ini. Mari doakan almarhum diampuni kesalahannya, diterima amal bajiknya, berada di sisiNya. Al-Faatihah," tulis Lukman.

Setelah disalatkan oleh ribuan orang yang bertakziah dan santri di Masjid Pondok Pesantren Al Hikam Jalan Cengger Ayam Lowokwaru Kota Malang, jenazah Kiai Hasyim Muzadi diberangkatkan menuju Lanud Abdurahman Saleh Kabupaten Malang.

Jenazah Hasyim Muzadi dilepas dengan doa Kiai Sholahudin Wahid atau Gus Solah. Setelah itu, prosesi upacara militer dilakukan untuk melepas Anggota Dewan Pertimbangan Presiden tersebut.

Isak tangis keluarga, santri dan para pentakziah pecah ketika jenazah dibawa menuju rumah dari masjid. Putra ketiga Hasyim Muzadi, Hilman Wajdi pun  meneteskan air matanya saat membopong peti jenazah ayahnya.

Sekitar pukul 12.00 WIB, jenazah Hasyim Muzadi dimasukkan ke ambulans. Sebanyak 45 santri dan 25 anggota keluarga turutserta mengantarkan jenazah Hasyim Muzadi ke Ponpes Al Hikam Depok.

Sesuai wasiat, Hasyim Muzadi akan dimakamkan di pemakaman umum keluarga di sana. Sang istri, Mutammimah terus meneteskan air mata, saat mengiringi jenazah almarhum ke Jakarta.

Sebelumnya, Wakil Walikota Malang, Sutiaji berduka atas meninggalnya Kiai Hasyim Muzadi. Di matanya, Hasyim Muzadi merupakan aset yang berharga di Indonesia. Sebagai mantan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Hasyim Muzadi dikenang sebagai sosok pejuang dengan kesederhanaan yang luar biasa.

"Indonesia berduka, saya kira beliau aset yang berharga bagi Indonesia, khususnya di Malang beliau ini pejuang. Beliau salah satu pengusung pak Jokowi, beliau adalah sosok yang terus berjuang di mata santri dan umat," kata Sutiaji.

Sutiaji mengaku mempunyai kedekatan khusus dengan Hasyim Muzadi. Saat masih aktif sebagai aktivis di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Sutiaji mengaku pernah bersepada motor dengan Hasyim Muzadi. Meski menggunakan motor butut, Hasyim tidak canggung.

"Saya ada kekhususan dengan beliau, saat masih muda. Kesederhanaannya sangat luar biasa. Beliau ini pejuang memilih keluar dari partai untuk membangunPondok Pesantren Al Hikam," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,