Puluhan Ribu Guru di Buenos Aires Tuntut Kenaikan Gaji

Puluhan Ribu Guru di Buenos Aires Tuntut Kenaikan Gaji

Demonstrasi puluhan ribu guru di Buenos Aires menuntut kenaikan gaji. (foto - La NaciĆ³n)

Buenos Aires - Puluhan ribu guru sekolah umum melakukan demonstrasi menuntut kenaikan gaji kepada Presiden Mauricio Macri, Rabu waktu setempat. Demo yang berlangsung di Plaza de Mayo, alun-alun di depan istana presiden itu, merupakan yang terburuk di bawah kepemimpinan Macri.
 
Sebagaimana dilansir AFP, Kamis (23/3/2017) massa yang melakukan demo membawa poster dengan berbagai tulisan yang bernada sindiran terhadap presiden. "Aku terjebak di sekolah umum, tapi aku belajar," begitu antara lain isi poster yang mereka bawa.
 
Macri dianggap salah oleh para guru karena dinilai tidak memikirkan nasib mereka. "Guru Argentina marah," kata pemimpin protes Sonia Alesso.
 
Seperti diketahui, seorang di Argentina mendapatkan gaji rata-rata 600 dolar Amerika Serikat per bulan. Namun demikian, nilai itu sudah tidak mencukupi mereka hidup saat ini. Padahal, gaji layak mereka sekarang ini seharusnya 800 dolar AS.
 
Untuk itu, massa pendemo menuntut kenaikan gaji sebesar 35 persen, untuk mengimbangi inflasi yang diperkirakan mencapai 40 persen sampai tahun lalu. Di sisi lan, pemerintah menghadapi kesulitan ekonomi, dan menawarkan kenaikan gaji guru hanya 17 persen.
 
Sejauh ini, sudah banyak guru yang mogok tidak mengajar. Akibatnya, sekitaar 75 persen sekolah umum di Argentina praktis tidak ada aktivitas berlajar mengajar.  (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,