Sekjen FUI Ditangkap Perwakilan Aksi 313 Diterima Wiranto

Sekjen FUI Ditangkap Perwakilan Aksi 313 Diterima Wiranto

Massa Aksi 313 dialihkan ke sekitar Patung Kuda. (foto - ist)

Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, turun tangan mendampingi massa Aksi 313, setelah Sekretaris Jenderal Organisasi Masyarakat Forum Umat Islam (FUI), Muhammad Al Khaththath ditangkap polisi karena dicurigai melakukan pemufakatan jahat atau makar.

Koordinator Aksi Demo 313, Hasri Harahap menyatakan, Amien akan menyertai pendemo saat melakukan longmarch dari Istiqlal, dan ketika 15 perwakilan massa diterima pihak Istana Negara. "Bapak kita, Amien Rais akan menyertai kita. Sebanyak 15 perwakilan dipimpin Al Habib Muhammad diterima oleh Istana. Kita titipkan aspirasi kita," kata Hasri di Masjid Istiqlal, Jumat (31/3/2017).

Seperti diketahui, Muhammad Al Khaththath ditangkap bersama empat kroninya, masing-masing berinisial DN, A, ZA dan I. Mereka ditangkap sebelum demonstrasi 313 digelar, karena terbukti melakukan pemufakatan jahat atau makar.

Berdasarkan keterangan pihak dari kepolisian, kelima orang itu terbukti ingin menduduki Gedung MPR/ DPR dan mengganti UUD 1945. Saat ini kelimanya sudah mendekam di rumah tahanan Markas Korps Brimob Kelapa Dua Kota Depok.

Sementara itu, sebanyak sembilan perwakilan pendemo 313 akhirnya mendapat kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah. Mereka diterima Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Pertemuan berlangsung di Ruang Bima, Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan di Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat pukul 14.00 WIB. Kesembilan perwakilan itu dipimpin Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persaudaraan Muslim Indonesia (Parmusi), Usamah Hisyam sebagai koordinator aksi. 

Selain itu ada Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, yang memimpin perwakilan. Namun demikian, di dalam buku daftar hadir pertemuan, Amien menuliskan statusnya sebagai ulama.

Seperti diketahui, massa dari berbagai daerah melakukan unjuk rasa di sekitar Istana Negara, untuk menuntut Presiden Jokowi mencopot Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,