Diawali Ledakan, Kantor Pajak Bekasi Selatan Terbakar

Diawali Ledakan, Kantor Pajak Bekasi Selatan Terbakar

Kantor Pelayanan Pajak Bekasi Selatan Terbakar. (foto - ist)

Bekasi - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bekasi Selatan yang terletak di Jalan Cut Meutia Bekasi Selatan terbakar, Minggu dinihari sekitar pukul 04.00 WIB. Terdengar bunyi ledakan di ruangan lantai 3, sebelum api meluluh-lantahkan material bangunan.
 
"Petugas Satpam yang tengah piket mendengar suara ledakan, sebelum terbakar," kata Kepala Bidang Pengawasan dan pengendalian Kebakaran pada Dinas Pemadam Kebakaran, Kota Bekasi, Agus Enap, Minggu (2/4/2017).
 
Menurut Agus, pemicu kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek di lantai tiga. Namun, meski kebakaran terjadi, sejumlah dokumen penting berhasil diselamatkan. "Dokumen kantor berhasil diselamatkan," katanya.
 
Setelah menerima laporan, katanya, pihaknya menerjunkan sekitar empat mobil pemadam dengan 20 kekuatan personel. Hasilnya, beberapa saat api berhasil dipadamkan. "Api dengan cepat dipadamkan oleh petugas di lapangan," katanya.
 
Agus mengaku, sesuai dengan pernyataan yang diakui pihak kantor pajak, kerugian akibat kebakaran itu mencapai Rp 750 juta. Besarnya kerugian karena kaca dan plafon gedung pecah. "Memang sengaja dipecahkan agar api tidak menjalar ke ruangan lainnya," tegas Agus. 
 
Sementara itu, Kepala KPP Pratama Bekasi Selatan Baharuddin mengatakan, kebakaran terjadi saat kondisi kantor sedang kosong. Kobaran api membakar lantai tiga bangunan itu, yang merupakan lokasi atau ruang pegawai bekerja.
 
Ia memastikan, kebakaran itu tidak sampai merusak jaringan internet serta berkas layanan amnesti pajak. "Sepertinya terjadi hubungan pendek arus listrik di lantai tiga, karena beberapa saksi mendengar ada suara ledakan sebelum kebakaran terjadi," katanya.
 
Baharuddin mengaku, pihaknya masih menginventarisasi benda-benda yang terbakar pada kantor layanan pajak yang berlokasi di Jalan Cut Meutia Bekasi Selatan itu. "Kami masih inventarisasi barang yang terbakar," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,