Pangkalan Militer Suriah Dihantam Sedikitnya 60 Rudal AS

Pangkalan Militer Suriah Dihantam Sedikitnya 60 Rudal AS

Pangkalan Militer Suriah dihantam Rudal Tomahawk Amerika yang ditembakkan dari kapal perang USS Ross dan USS Potter. (foto - beforeitsnews)

Suriah - Sedikitnya 60 Rudal Tomahawk ditembakkan kapal perang Amerika Serikat USS Ross dan USS Potter, yang menghantam pangkalan angkatan udara yang dikuasai pemerintah Suriah.
 
Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (7/4/2017) serangan pada Jumat (7/4/2017) tersebut merupakan yang pertama Amerika terhadap kekuatan militer Suriah, dan aksi militer Donald Trump paling dramatis sejak ia menjadi presiden.
 
Padahal, di masa kampanye kepresidenan Trump menegaskan, tak ingin Amerika terlibat perang Suriah. Namun kabarnya melihat foto anak-anak Suriah yang tewas dalam serangan kimia beberapa hari lalu, Trump berang hingga memerintahkan serangan ke militer Suriah.
 
Serangan menghantam pangkalan udara Shayrat di Suriah bagian tengah, yang menurut Amerika merupakan lokasi tinggal landas pesawat pembawa senjata kimia Suriah.
 
Televisi Suriah melaporkan, serangan rudal tersebut merupakan agresi. Serangan militer Suriah ke Khan Sheikhoun Provinsi Idlib pada Selasa 3 April lalu yang ditujukan ke pihak oposisi, menewaskan sedikitnya 72 orang.
 
Berdasarkan gejala yang diderita oleh para korban, diduga serangan itu menggunakan gas syaraf sarin. Namun demikian, pemerintahan Presiden Bashar Al-Assad membantah bahwa pihaknya menggunakan gas beracun.
 
Sejauh ini, Pemerintah Suriah mengklaim mereka menghancurkan gudang senjata oposisi pemberontak, yang ternyata menyimpan peluru atau granat berisi gas beracun. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,