Memanas, AS Kirim Kapal Selam USS Michigan ke Korsel

Memanas, AS Kirim Kapal Selam USS Michigan ke Korsel

Kapal selam bertenaga nuklir USS Michigan Amerika Serikat berlabuh di Busan Korea Selatan. (foto - Reuters)

Seoul - Amerika Serikat kembali unjuk kekuatan dengan mengirimkan kapal selam bertenaga nuklir USS Michigan, ke perairan Korea Selatan (Korsel). Kapal selam itu berlabuh di Busan, di tengah kekhawatiran uji coba rudal Korea Utara untuk merayakan ulang tahun ke-85 Tentara Rakyat Korea.
 
Kedatangan USS Michigan hampir bertepatan dengan pertemuan para ahli nuklir dari Korsel, Jepang,dan AS di Tokyo untuk merespons keengganan Korut menghentikan program nuklir. USS Michigan dibangun dengan kemampuan meluncurkan rudal balistik dan rudal penjelajah Tomahawk.
 
Dilaporkan Reuters, Selasa (25/4/2017) alih-alih meluncurkan rudal balistik untuk merayakan ultah militer ke-85, Korut melakukan latihan menembak yang melibatkan ratusan artileri di Wonsan. Korut diketahui memiliki pangkalan udara di Wonsan dan beberapa kali peluncuran rudal juga dilakukan di wilayah itu.
 
"Korut melangsungkan latihan menembak besar-besaran di Wonsan," demikian bunyi pernyataan resmi Kantor Kepala Staf Militer Korsel. Militer Korsel juga terus mengamati perkembangan latihan tersebut dari dekat, serta menjaga kewaspadaan dengan tegas.
 
Presiden AS Donald Trump sudah berjanji untuk memperkuat sekutunya di Asia Pasifik (Jepang dan Korsel), dalam menghadapi ancaman Korut. Washington juga berjanji untuk mengirimkan armada militernya ke kawasan untuk merespons uji coba rudal balistik Korut, yang sewaktu-waktu dilakukan atas perintah Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un.
 
Sementara dua kapal perusak Jepang sudah melangsungkan latihan gabungan dengan kapal induk AS pada Senin 24 April 2017 lalu, di wilayah Samudera Pasifik. Kapal induk itu sengaja dikirim oleh AS sebagai peringatan kepada Korut, untuk menghentikan program nuklir serta uji coba rudal balistik. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,