Siswi Madrasah Asal Garut Ditangkap Otoritas Turki?

Siswi Madrasah Asal Garut Ditangkap Otoritas Turki?

Pemerintah mewaspadai modus baru WNI yang ingin gabung ISIS di Turki. (foto - ilustrasi)

Garut - Otoritas Turki mendeportasi seorang siswi madrasah di Kabupaten Garut Jawa Barat bersama ibunya, atas dugaan akan bergabung dengan kelompok radikal ISIS di Suriah.

Sebelumnya, siswi berinisial TS tersebut memang telah sebulan tidak masuk sekolah. Ia hanya mengabarkan ke sejumlah rekannya hendak berjihad ke Suriah bersama ibunya. Informasi terakhir didapat, siswi itu telah diamankan saat berada di bandara internasional Turki di Istanbul.

Kedutaan besar Indonesia untuk Turki pun telah mengabarkan ke Pemerintah Kabupaten Garut untuk memastikan, tidak hanya TS yang dideportasi. Namun ada sejumlah warga Garut lainnya.

"Ya sudah ada informasi ada warga Garut yang dideportasi dari Turki. Sebab diduga akan menuju Suriah," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, di Garut, Jumat (28/4/2017).

Sejauh ini, pihak sekolah masih enggan mengomentari kepastian siswi TS itu telah diamankan otoritas Turki atas dugaan hendak bergabung dengan ISIS. Mereka hanya membenarkan, ada siswinya yang sudah sebulan tak sekolah.

Sejak informasi deportasi itu diterima, Helmi mengaku akan menelusuri siapa saja warganya yang hendak berangkat ke Suriah. "Hal itu perlu disinkronkan agar mereka yang berangkat untuk dalih jihad bisa terdeteksi," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,