Cina Telah Memasang Peluncur Roket di Laut Cina Selatan

Cina Telah Memasang Peluncur Roket di Laut Cina Selatan

Sistem peluncur roket di pulau buatan Laut Cina Selatan. (foto - Reuters)

Beijing - Cina dikabarkan telah memasang sistem peluncur roket di pulau buatan Laut Cina Selatan. Pemasangan sistem peluncur roket tersebut dimaksudkan, untuk mencegah penyelam militer Vietnam mendekati pulau buatan itu.

Seperti dilaporkan surat kabar nasional Cina, Defence Times yang  dilansir Reuters, Rabu (17/5/2017) peluncur roket jenis Norinco CS/AR-1 55 mm anti-frogman  itu telah dipasang di Fiery Cross Reef yang ada di gugusan kepulauan Spratly Laut Cina Selatan. 

Sistem pertahanan itu memiliki kemampuan untuk menemukan, mengidentifikasi dan menyerang penyelam musuh. Sebelumnya, Cina menyatakan konstruksi militer di beberapa pulau buatan yang ada di Laut Cina Selatan terbatas pada keperluan pertahanan mereka.

Disebutkan pula, Cina bisa melakukan apapun sesuka hati di wilayah yang masuk kedaulatannya. Laporan Defence Times itu tidak menyebutkan kapan sistem pertahanan itu dipasang. Hanya pemasangan itu sebagai bagian dari respons terhadap aksi penyelam militer Vietnam, yang memasang sejumlah besar jaring ikan di Paracel Islands sejak Mei 2014.

Otoritas Cina melakukan reklamasi besar-besaran di sekitar Fiery Cross Reef, termasuk membangun sebuah bandara dan landasan militer. Puluhan hanggar pesawat dan radar canggih dilaporkan telah dipasang di sejumlah pulau buatan Cina itu.

Fiery Cross, Mischief dan Subi Reef merupakan tiga pulau terbesar dari total tujuh pulau buatan Cina. Cina mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan sebagai wilayahnya. Padahal, perairan itu terletak dalam zona perairan negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina serta Taiwan. (Jr.)**

.

Categories:Infotech,
Tags:,