14 Taruna Akpol Penganiaya Adam Terancam Dipecat

14 Taruna Akpol Penganiaya Adam Terancam Dipecat

Akademi Kepolisian Semarang Jawa Tengah. (foto - ist)

Semarang Polisi akhirnya menahan 14 taruna senior Akpol, yang diduga menganiaya Taruna Akpol tingkat II Brigadir Polisi Dua Taruna Mohammad Adam. Ruang penahanan juga tidak istimewa, yakni berada di gedung Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Mapolda Jawa Tengah.

Menurut Wakapolri Komjen Pol Syafrudin, penahanan sudah dilakukan penyidik dengan tanggung jawab Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono. Penahanan dilakukan setelah 14 taruna senior Akpol itu diperiksa penyidik secara maraton, sejak Minggu 21 Mei 2017 hingga Senin dinihari. Selama pemeriksaan, mereka ditahan di gedung Tahanan dan Barang Bukti.

"Sudah ditahan pak Kapolda (Jawa Tengah)," kata Wakapolri, Komjen Pol Syafruddin, seusai memberikan kuliah umum kepada seluruh Taruna Akpol di gedung Catur Prasetya Graha Cendikia Akpol, Senin (22/5/2017).

Wakapolri menyatakan, penahanan didasarkan pada Surat Perintah Penahanan. Penyidik punya waktu 20 hari untuk menyidik dan memperkuat alat bukti. Jika waktu 20 hari dirasa masih kurang, penahanan bisa diperpanjang. "Para tersangka diperiksa dengan didampingi kuasa hukum," kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Djarod Padakova.

Dari 14 taruna Akpol itu, ada satu tersangka utama. Yakni taruna berinisial CAS. Kemudian taruna dengan inisial RLW, GCM,EA, JED, MB, CAE, HA, AKU, GJN, RAP, RK, IZ, dan PGS masih terus dipelajari perannya oleh penyidik. Meski demikian, mereka juga sudah menjadi tersangka.

"Ke-14 tersangka itu perannya berbeda, ada yang memukul, ada yang memberi arahan dan ada juga yang dua orang perannya mengawasi jangan sampai kegiatannya itu diketahui pembina," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono.

Ke-14 tersangka melakukan pelanggaran berat akan dikenai Pasal 170 subsider Pasal 351 KUHP, tentang Tindak Penganiayaan juncto Pasal 55 dan 56 KUHP tentang Penyertaan Penganiayaan. Ancamannya, pidana hukuman 7 tahun hingga 12 tahun penjara. Selain proses pidana, taruna tingkat III itu juga terancam sanksi pelanggaran disiplin taruna. Sanksi terberat berupa pemecatan sebagai taruna. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,