Gempa 5,2 SR Guncang Wilayah Mandailing Natal Sumut

Gempa 5,2 SR Guncang Wilayah Mandailing Natal Sumut

Gempa 5,2 SR Guncang Wilayah Mandailing Natal Sumatera Utara. (ilustrasi)

Mandailing Natal - Wilayah barat Mandailing Natal Sumatera Utara diguncang gempa bumi berkekuatan 5,2 pada skala Richter (SR), Kamis (25/5/2017) petang.

Gempa dengan magnitude 5,2 SR tersebut terjadi sekitar pukul 17.45 WIB. Situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa terjadi pada 66 km barat daya Mandailing Natal atau 0.4 LU 98.88 BT.

Pusat gempa berada pada kedalaman 58 km. Meski demikian, gempa tersebut dinyatakan tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Sejauh ini, belum diketahui secara pasti adanya kerusakan ataupun korban yang terjadi akibat gempa itu.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Sumut Mochamad Riyadi menyatakan, gempa tersebut antgara lain mengguncang Mandailing Natal, Lambak dan Pulau Tanabala Sumatera Utara.

"Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia dengan hiposenter 64 kilometer. Karena hiposenter berada di kedalaman 64 kilometer, gempa itu disebut sebagai gempa bumi menengah," katanya.

Menurutnya, belum ada laporan mengenai kerusakan rumah warga dampak gempa tersebut. Begitu juga tidak terjadi kembali gempa susulan. Gempa tersebut tidak berpotensi tsumani, sehingga warga tidak usah panik. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,