IT British Airways Bermasalah Terjadi di Sejumlah Negara

IT British Airways Bermasalah Terjadi di Sejumlah Negara

Delay penerbangan pesawat British Airways tak hanya di Inggris tapi juga terjadi di sejumlah negara. (foto - ist)

London - Penerbangan British Airways yang bermasalahnternyata tak hanya terjadi di Inggris, tetapi juga berlangsung di sejumlah negara. Hal itu terjadi akibat IT yang bermasalah, sehingga pihak Maskapai British Airways menunda sejumlah penerbangannya.
 
Seperti dilaporkan BBC, Minggu (28/5/2017) ratusan penumpang British Airways telantar di Bandara Heathrow dan Bandara Gatwick Inggris. Bahkan, mereka harus terjebak antrean panjang ketika meninggalkan bandara, atau ketika coba meminta klarifikasi ke pusat bantuan British Airways.
 
Kekecewaan dan rasa frustasi para calon penumpang tersebut mereka curhkan lewat berbagai media sosial. Salah satunya lewat Twitter. Kekacauan tampak melalui sejumlah video yang diposting BBC dari sejumlah netizen.
 
"Saya sudah 3 jam berada di antrean hanya untuk meninggalkan terminal @British_Airways. Betul, hanya untuk keluar. Ada banyak orang di sini. Tidak ada supervisi," tulis Dan Abrams lewat akun Twitter-nya.
 
Seorang penumpang menyampaikan delay juga terjadi di Hongkong. Selain itu menurut BBC, penerbangan British Airways yang bermasalah juga terjadi di Roma (Italia), Praha (Ceko), Milan (Italia), Stockholm (Swedia) dan Malaga (Spanyol) karena kegagalan sistem itu.
 
"Masih stuck! 4,5 jam di atas pesawat di gate yang berada di Stockholm. Bawa aku ke London!" tulis seorang penumpang British Airways, Rachel Hogan, yang memposting sebuah foto para penumpang yang menunggu di dalam pesawat.
 
Sementara itu jurnalis BBC, Martyn Kent yang berada di Bandara Heathrow mengaku telah duduk di atas pesawat selama 90 menit, namun belum ada kepastian kapan pesawatnya akan terbang. Menurutnya, sang kapten pesawat menyatakan kepada penumpang ada masalah IT di British Airways yang dia sebut sebagai bencana besar.
 
Maskapai British Airways melalui pernyataan tertulisnya telah meminta maaf atas kejadian itu. Mereka meminta maaf atas 'pemadaman sistem secara global'. British Airways memastikan pihaknya masih berusaha memecahkan masalah itu.
 
"Kegagalan sistem IT utama menyebabkan gangguan yang sangat parah terhadap operasi penerbangan kami di seluruh dunia," kata British Airways lewat pernyataan tertulisnya.
 
Sebelumnya, British Airways menyatakan jadwal penerbangan mereka di Inggris akan dibatalkan sampai pukul 18.00 waktu setempat. Kini maskapai itu membatalkan semua penerbangan, dan menawarkan penumpang melakukan penjadwalan ulang atau mereka akan mengembalikan uang pembelian tiket.
 
Masalah tersebut berdampak besar karena bertepatan dengan masuknya libur akhir pekan bagi mayoritas warga Inggris. Hanya jadwal penerbangan British Airways saja yang bermasalah. Sedangkan pesawat maskapai penerbangan lainnya, bisa take off atau landing dari Heathrow dan Gatwick seperti biasa. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,