Gempa di Poso Terasa 20 Detik, Warga Panik Berhamburan

Gempa di Poso Terasa 20 Detik, Warga Panik Berhamburan

Warga panik, sejumlah bangunan pun roboh akibat gempa 6,6 SR yang mengguncang Kabupaten Poso Sulawesi Tengah. (foto - BMKG)

Poso - Getaran gempa berkekuatan 6,6 pada skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Poso Sulawesi Tengah (Sulteng), terasa hingga sekitar 2o detik. Warga dilaporkan sempat panik dan berlarian ke luar rumah, takut ancaman Tsunami.
 
"Posko BNPB telah mengonfirmasi BPBD. Berdasarkan laporan sementara gempa dirasakan kuat selama 20 detik. Warga panik dan berhamburan keluar rumah di Kabupaten Poso," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Senin (29/5/2017) malam.
 
Gempa berkekuatan 6,6 SR itu terjadi pada pukul 22.35 Wita. Kemudian disusul pada pukul 22.53 Wita lagi dengan kekuatan 5,0 SR, disusul lagi pada pukul 23.03 Wita dengan kekuatan sama 5,0 SR.
 
Gempa awal pada pukul 22.35 Wita berpusat di jarak 38 kilometer ke arah barat laut dari Poso. Lalu gempa 22.53 Wita terjadi sekitar 50 kilometer arah barat laut Poso. Menyusul kemudian gempa pada pukul 23.03 Wita di jarak 51 kilometer timur laut dari Sigi, Sulteng.
 
"Warga di Sigi, Palu dan Morowali Utara juga merasakan getaran gempa selama 5 detik. Sebagian masyarakat berhamburan keluar rumah," kata Sutopo. BPBD setempat masih melakukan pemantauan di lapangan. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa. BMKG juga melaporkan tidak ada potensi tsunami terkait gempa 6,6 SR dan susulannya.
 

Dilaporkan, gempa tak hanya dirasakan di Poso dan sekitarnya. Guncangan gempa juga dirasakan di sejumlah wilayah termasuk di Parigi Moutong, Kota Palu hingga ke Tojo Unauna dan Banggai. Sejumlah warga Palu mengaku panik dan berlarian ke luar rumah.

 

 

Padahal saat itu Kota Palu tengah diguyur hujan deras. "

Guncangannya lama sekitar dua menit, dari goyangan pelan kemudian kencang sampai beberapa sepeda motor berjatuhan," kata sejumlah warga. 

(Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,