Apartemen Berlantai 13 Nyaris Ambruk Timpa Gedung Lain

Apartemen Berlantai 13 Nyaris Ambruk Timpa Gedung Lain

Apartemen berlantai 13 di Mesir nyaris ambruk menimpa gedung lain yang berada di sebelahnya. (foto - Daily Mail)

Alexandria - Aparat kepolisian setempat langsung mengevakuasi seluruh penghuni gedung apartemen berlantai 13 yang berada di Kota Alexandria Mesir, yang miring menimpa gedung yang berada di sebelahnya. Beruntung, tidak ada korban akibat dari peristiwa yang terjadi pada Kamis 1 Juni itu.
 
Seperti dilaporkan Daily Mail, Sabtu (3/6/2017) otoritas kota telah memutus aliran listrik dan gas gedung, yang disuplai oleh bangunan di sekitarnya. Sementara militer Mesir juga telah dipanggil untuk melakukan penghancuran gedung itu.
 
Menurut Gubernur Alexandria, Mohamed Sultan rencana penghancuran akan dilakukan dari bagian atas ke bagian bawah gedung, dan akan memakan waktu sekitar tiga hari. Sementara Menteri Solidaritas Sosial Mesir, Ghad Wali menyatakan, kementeriannya telah menyediakan 21 apartemen untuk keluarga yang tinggal di gedung itu.
 
Sejauh ini, insiden seperti itu memang relatif sering terjadi di Mesir, di mana peraturan terkait bangunan sering dilanggar. Selama ini banyak gedung melakukan penambahan lantai, tanpa izin dan perencanaan yang matang. 
 
Berdasarkan informasi, gedung tersebut awalnya dibangun sebagai apartemen kecil pada 2002. Namun, pemiliknya kemudian secara tidak sah menambahkan beberapa lantai tambahan secara ilegal, sehingga pihak berwenang setempat mengatakan bangunan itu tidak layak lagi digunakan untuk perumahan. 
 
Namun demikian, para penghuni bangunan tersebut menolak untuk meninggalkan tempat tinggal mereka. Para insinyur perencana sekarang ini berlomba melawan waktu, untuk menyelamatkan bangunan itu sebelum benar-benar ambruk.
 
Mesir memiliki populasi 93 juta warga, tetapi menderita kekurangan perumahan yang parah. Banyak warga tinggal di daerah kumuh di luar kota besar seperti Kairo dan Alexandria, di mana bangunan sudah tua, bobrok dan tidak diperiksa dengan benar. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,