Kebakaran Hutan Terparah di Portugal Tewaskan 62 Orang

Kebakaran Hutan Terparah di Portugal Tewaskan 62 Orang

Kebakaran hutan yang disebutkan sebagai terparah di Portugal menewaskan 62 orang. (foto - EPA)

Lisbon - Jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan di Potugal terus bertambah. Sebelumnya korban tewas dilaporkan sebanyak 58 orang, namun informasi terkahir telah mencapai 62 orang.

Seperti dilaporkan Metro, Minggu (18/6/2017) sebagian besar korban ditemukan terbakar hidup-hidup di dalam mobil mereka. Para korban dilaporkan terjebak di dalam mobil, ketika melintas di jalan yang membelah hutan tersebut.

Sebelumnya, Otoritas Portugal telah menerjunkan 900 personel petugas pemadam kebakaran dan 300 mobil damkar, guna memadamkan api. 

Dalam waktu semalam diketahui, sebanyak 60 hutan terbakar secara bersamaan. Proses pemadaman sendiri hingga kini masih terus berlangsung. Diketahui, terdapat sepanjang 20 kilometer (km) jalan raya nasional yang membelah hutan itu. 

Sekretaris Negara Bagian Dalam Negeri, Jorge Gomes menyebutkan, sebanyak 57 orang tewas terjebak di dalam mobil di wilayah Leiria. Sedangkan  sisanya meninggal karena terlalu banyak menghirup asap.

Perdana Menteri (PM) Portugal, Antonio Costa menyatakan, tragedi itu sebagai insiden kebakaran terburuk dalam beberapa tahun terakhir. Sementara itu, Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa rencananya akan mengunjungi Leiria untuk menemui keluarga korban.

Api diketahui menyebar sejak Sabtu 17 Juni sore, berawal di Kota Madya Pedrogao Grande. Kabakaran hutan di Portugal itu diduga dipicu akibat adanya badai petir. 

Portugal yang kini tengah memasuki musim panas semakin rentan dengan bencana kebakaran hutan. Otoritas Portugal menyebutkan, suhu di negara tersebut tercatat mencapai 40 derajat Celcius. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,