750 Kios dan Los Pasar Ciranjang Ludes Terbakar

750 Kios dan Los Pasar Ciranjang Ludes Terbakar

Ilustrasi petugas pemadam kebakaran tengah memadamkan api yang membakar 590 kios dan 160 los di Pasar Ciranjang, Cianjur

Cianjur – Sebanyak 590 kios dan 160 los di Pasar Ciranjang-Cianjur, ludes dilalap api, sekitar pukul 16.00 WIB, Jumat (05/09/2014). Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab kebakaran tersebut. Namun diduga kebakaran tersebut dipicu karena terjadinya korsleting listrik di Blok B yang berada di tengah-tengah pasar. Hingga pukul 20.00 WIB, api masih belum bisa dipadamkan sepenuhnya.

Kerugian akibat peristiwa tersebut diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Untuk memadamkan api, Pemkab Cianjur mendatangkan sedikitnya tujuh unit mobil pemadam kebakaran dengan 60 personel gabungan.

Kebakaran hebat tersebut, tak pelak membuat pemilik kios dan warga yang berada di sekitar Pasar Ciranjang kalang kabut. Ada yang berusaha menyelamatkan barang-barang dagangan, ada pula yang ikut membantu memadamkan api. Peristiwa ini menyebabkan arus lalu lintas dari arah Cianjur menuju Bandung atau sebaliknya mengalami kemacetan total.

Polres Cianjur menurunkan satuan setingkat kompi (SSK) Dalmas untuk mengamankan lokasi kebakaran. Petugas juga ikut membantu evakuasi dan menertibkan warga, yang kelihatan panik akibat kejadian tersebut. "Kami saat ini baru mengamankan lokasi kebakaran saja agar petugas pemadam tak kesulitan memasuki lokasi," kata Kapolres Cianjur, AKBP Dedy Kusuma Bakti.

Kapolres berharap warga atau pedagang tidak mendekati lokasi kebakaran karena masih ada kobaran api, selain menghalangi petugas kebakaran memadamkan. “Apalagi api sangat cepat menyebar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran Pasar Ciranjang. Pihaknya baru akan melakukan penyelidikan melalui Tim Inafis setelah pemadaman api usai dilakukan. "Tidak ada korban luka atau meninggal," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penanggulangan Kebakaran BPBD Kabupaten Cianjur, Slamet Riyadi menyebutkan, selain menurunkan tujuh armada mobil damkar dan puluhan personel, sejumlah anggota Satgana PMI Kabupaten Cianjur juga ikut membantu. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:,