Laju Pertumbuhan Penduduk Jabar Menurun

Laju Pertumbuhan Penduduk Jabar Menurun

Gubernur Ahmad Heryawan saat diwawancarai. (Foto : ADE)

Bandung – Meskipun mendapat predikat sebagai provinsi terpadat di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 45 juta jiwa, namun provinsi Jawa Barat dalam setiap tahunnya dapat menekan angka pertumbuhan penduduk dengan menggenjot program KB (Keluarga Berencana).

 

Menurut perkataan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, laju pertumbuhan penduduk di Jawa Barat saat ini terbilang terus menurun.

 

“Tahun 2014 laju pertumbuhan penduduk Jawa Barat mencapai 1,2 persen, padahal tahun-tahun sebelumnya pernah mencapai 1,8 persen terus turun 1,6 persen dan akhirnya di 1,2 persen, target kita setiap tahun bisa terus turun,” kata Ahmad Heryawan usai penutupan acara Bakti TNI KB-Kes di Gedung Sate, Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Senin (17/11/2014).

 

Masih ucap Ahmad Heryawan, pertumbuhan penduduk Jawa Barat terlihat cukup pesat berada di kawasan Barat Jawa Barat seperti di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang.

 

“Di sana jumlah pertumbuhan penduduknya bisa melonjak mencapai 4 persen, sedangkan di daerah Timur Jawa Barat justru terbalik daerah seperti Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran laju pertumbuhannya malah kecil hanya sekitar 0,5 persen,” ucapnya.

 

Untuk terus menekan pertumbuhan penduduk di Jawa Barat, Pemprov Jawa Barat melakukan berbagai upaya salah satunya dengan bekerjasama dengan Kodam III Siliwangi untuk mensosialisasikan program KB ke seluruh wilayah Jawa Barat. Sosialisasi pentingya KB bukan hanya tugas BKKBN saja melainkan semua unsur di masyarakat, baik Kepala Daerah, TNI, dan Tokoh Masyarakat. (Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,