Pesawat Gagal Mengudara, Pilot Keluar Sebelum Meledak

Pesawat Gagal Mengudara, Pilot Keluar Sebelum Meledak

Pesawat gagal mengudara namun pilot berhasil keluar sebelum meledak. (foto - Youtube)

Minsk - Seorang pilot pesawat tempur MiG-29 berhasil melompat keluar dari kursinya. tepat sebelum pesawat buatan Rusia itu meledak di Minsk, Belarusia. Mesin pesawat tempur yang dikemudikannya terbakar, sehingga gagal mengudara.

Seperti dilaporkan Russia Today, Minggu (16/7/2017) insiden itu terjadi di Bandara Bobruisk pada 23 Februari 2017. Mesin pesawat terlihat memercikkan api saat melaju kencang di landas pacu. Peristiwa itu mengakibatkan roda pesawat hancur, sehingga jet tersebut terseret sepanjang landas pacu.

Saat api mulai membesar, sang pilot berhasil keluar lewat kursi lontar dari kokpit. Ia lalu mendarat dengan selamat menggunakan parasut. Pesawat nahas tersebut terus melaju hingga meledak, dan menimbulkan bola api serta asap hitam tebal.

Aksi pilot tersebut mendapat pujian dari Kementerian Pertahanan Belarusia. "Tidak ada yang luka-luka. Pesawat itu juga tidak meninggalkan area bandara,” demikian tulis keterangan resmi Kementerian Pertahanan Belarusia.

Pesawat tempur MiG-29 dirancang sejak Rusia masih berada di bawah nama Uni Soviet pada dekade 1970. Pesawat bermesin ganda itu saat ini menjadi andalan di sejumlah negara, termasuk Belarusia. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,