Gempa Besar 7,8 SR Guncang Wilayah Kamchatka di Rusia

Gempa Besar 7,8 SR Guncang Wilayah Kamchatka di Rusia

Gempa Besar 7,8 SR Guncang Wilayah Kamchatka di Rusia. (foto - USGS)

Kamchatka - Gempa berkekuatan cukup besar 7,8 pada skala Richter (SR) mengguncang Semenanjung Kamchatka di Rusia, yang memicu peringatan tsunami di sejumlah bagian Samudera Pasifik. Termasuk di Kepulauan Aleutian yang merupakan bagian dari Alaska, Amerika Serikat (AS).

Namunn demikian, peringatan tsunami tersebut tidak berlangsung lama, setelah Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS di Palmer Alaska membatalkannya setelah menilai tidak ada lagi ancaman.

Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (18/7/2017) pusat gempa tersebut dilaporkan berada pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut di sebelah barat Pulau Attu, pulau paling barat dari Kepulauan Aleutian.

Kementerian Keadaan Darurat Rusia cabang Kamchatka sempat memperingatkan, gelombang dengan ketinggian di atas 50 sentimeter (cm) dapat mencapai Kota Nikolskoye, yang berjarak sekira 200 kilometer dari pusat gempa.

Sebelumnya, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS memperingatkan, gelombang tsunami yang berbahaya mungkin terjadi untuk pantai yang berada dalam jarak 300 km dari pusat gempa. Namun, peringatan itu kemudian ditarik, berdasarkan data yang menyimpulkan ancaman tsunami dari gempa ini telah berlalu.

Gempa tersebut awalnya dilaporkan sebagai besaran 7,7 pada skala Richter (SR) sebelum direvisi dan turun menjadi 7,4 SR sampai kemudian kembali ditingkatkan menjadi 7,8 SR. Gempa itu dilaporkan diikuti oleh sejumlah gempa susulan, termasuk beberapa guncangan dengan kekuatan di atas 5,0 SR. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,