Target Teroris yang Dibekuk di Ibun Ledakkan Stadion GBLA

Target Teroris yang Dibekuk di Ibun Ledakkan Stadion GBLA

Tim Densus 88 bersama Polda Jabar melakukan penggeledahan di rumah YC (22) warga Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, Selasa 18 Juli 2017. (foto - ist)

Bandung - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri bersama Polda Jabar melakukan penggeledahan di rumah seorang pria berinisial YC (22), warga Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Rencananya, mereka akan menyerang Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai target teror.

"YC direncanakan menjadi 'pengantin' untuk melakukan teror di Stadion GBLA dalam waktu dekat," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus di kediaman YC di Kampung Sirnagalih Desa Karyalaksana Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, Selasa (18/7/2017).

Menurut Yusri, aksi teror yang akan dilakukan YC sudah direncanakan sejak Mei bersama AW, dan satu lagi sebagai pemeran utama (masih dalam pengejaran) yang merupakan penyandang dana dan otak serangan. "Kami masih memburu," katanya.

Sebelumnya, YC, AW, K, ASS, AR dan RS berencana meledakkan bom panci di Kafe Legian Braga, Restoran Astanaanyar dan rumah ibadah di Buahbatu. Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap komplotan itu, Stadion GBLA yang menjadi markas besar tim Persib Bandung pun menjadi target.

Disebutkan,  YC juga ikut terlibat dalam jaringan bom panci Buahbatu Bandung. "YC ditangkap saat mengendarai speda motor di jalan tak jauh dari rumahnya," katanya. Sejumlah anggota Indonesia Automatic Fingerprint Idetification System (Inafis) Polda Jabar memasang police line di sekitar rumah YC, sekitar Pukul 15.30 WIB.

"YC ikut merencanakan untuk melakukan sejumlah aksi teror di kawasan Bandung, dan ikut membantu merakit bom," tegas Yusri. Adapun hasil penggeledahan, Densus 88 dan Inafis berhasil mengumpulkan barang bukti, antara lain accu, kabel dan paku.

"Kami amankan hanya sedikit, tapi bahan aslinya sudah kami amankan sekitar 5 kilo gram bahan baku bom panci di kontrakam AW," katanya. YC merupakan orang keenam yang ditangkap Densus 88 setelah AW, K, ASS AR dan RS. "YC yang masuk sel-sel baru JAD, kami tangkap Senin 17 Juli kemarin," ungkapnya.  (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,