Israel Pasang Kamera Canggih di Kompleks Masjid Al Aqsa

Israel Pasang Kamera Canggih di Kompleks Masjid Al Aqsa

Israel memasang kamera keamanan canggih di kompleks Masjid Al Aqsa. (foto- AP)

Yerusalem - Setelah menempatkan mesin deteksi logam yang memicu bentrokan, Israel kini memasang kamera keamanan canggih di kompleks Masjid Al Aqsa. Dilaporkan, kamera tersebut ditempatkan di dekat Gerbang Singa di Kota Tua Yerusalem.

Dilansir Times of Israel, Senin (24/7/2017) lokasi penempatan kamera itu tepat di area, yang pada 14 Juli 2017 menjadi lokasi penembakan yang menewaskan dua anggota polisi Israel. Serangan itu yang memicu Israel memasang mesin deteksi logam di pintu masuk kompleks Masjid Al Aqsa.

Media setempat mewartakan, kamera baru yang dipasang di Gerbang Singa itu terbilang canggih. Pasalnya, kamera itu dapat mengidentifikasi orang-orang yang diduga membawa senjata, tanpa penggunaan mesin deteksi metal.

Hingga Minggu 23 Juli 2017 sore waktu setempat, mesin deteksi metal yang memicu bentrokan antara warga Palestina dan keamanan Israel, tetap ditempatkan di kompleks Masjid Al Aqsa. Namun Kepolisian Israel mengklaim, tidak perlu semua orang yang masuk kompleks lokasi suci itu melewati mesin tersebut.

Dilaporkan pemasangan kamera itu juga memicu penolakan dari orang-orang yang akan masuk Masjid Al Aqsa. Mereka akhirnya memilih untuk tidak masuk kompleks suci tersebut karena adanya kamera itu.

Serikat Agama Islam di Yerusalem yang dikenal dengan nama "Waqf" mengeluarkan pernyataan, yang menolak langkah keamanan baru Israel di Masjid Al Aqsa.

"Kami membenarkan penolakan penuh kami terhadap gerbang elektronik dan semua tindakan pendudukan baru, yang akan menyebabkan perubahan statusquo historis dan religius di Yerusalem serta tempat-tempat sucinya, terutama Masjid Al Aqsa," demikian tulis organisasi itu. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,