Ridwan Kamil Lepas 2.474 Calon Jamaah Haji Asal Kota Bandung

Ridwan Kamil Lepas 2.474 Calon Jamaah Haji Asal Kota Bandung

Bimbingan Manasik Haji (Binsik) Kementerian Agama Kota Bandung di Masjid Pusdai Jalan Diponegoro Bandung. (foto - humasbdg)

Bandung - Sebanyak 2.474 calon jamaah haji Kota Bandung secara simbolis dilepas Walikota Bandung Ridwan Kamil, di Masjid Pusdai Jabar Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (26/7/2017).

Emil berpesan, para jamaah haji agar melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan dengan niat lurus semata-mata karena Allah SWT. "Titip jaga kesehatan, niatkan lurus, ibadah ini lillahitaala," katanya dalam Bimbingan Manasik Haji (Binsik) oleh Kementerian Agama Kota Bandung.

Sementara itu, penyelenggaraan Binsik tersebut merupakan tahap dua, yang dalam tahap satu sebelumnya dilaksanakan pada 12 Juli 2017 lalu. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandung H. Yusuf Umur mengatakan, untuk tahun 2017 ini Kota Bandung akan memberangkatkan sekitar 2.474 jamaah haji dengan jumlah 11 kloter.

Menurutnya, untuk kloter pertama akan diberangkatkan pada 28 Juli mendatang di Mapolda Jabar Jalan Soekarno Hatta Bandung. "Bimbingan Manasik ini bertujuan agar sesuai dengan tuntunan syariat Islam dan memantapkan jamaah haji yang mandiri dan mabrur. Selain itu untuk meningkatkan silaturahmi dan persatuan bangsa," katanya.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Bandung Hotimul Manan mengatakan, kegiatan Binsik merupakan ketentuan Dirjen Haji yang setiap Kemenag kabupaten/kota wajib menyelenggarakannya selama dua kali.

Kota Bandung tergabung pada kloter 5 Jawa Barat yang akan diberangkatkan pada Sabtu 29 Juli 2017. "Jamaah akan dilepas di Mapolda Jabar pada Jumat tanggal 28 Juli sekitar pukul 22.00 WIB. Tiba di asrama haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Sabtu dinihari sekitar pukul 02.30 WIB dan akan diterbangkan Sabtu pukul 23.30 WIB," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,