Menag Lepas 386 Calon Jamaah Haji Kloter Pertama 2017

Menag Lepas 386 Calon Jamaah Haji Kloter Pertama 2017

Menag Lukman Hakim Saifudddin didampingi Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nur Syam melepas keberangkatan jemaah haji kloter 1 dari Embarkasi Pondok Gede Jakarta. (foto - kemenag)

Jakarta - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin melepas 386 jamaah calon haji kloter I Embarkasi Jakarta dari Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur, Jumat (28/7/2017) pagi. Turut hadir dalam pelepasan itu Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

"Mengharapkan keberkahan dan dengan mengucap bismillah, pada pagi hari ini kami melepas keberangkatan bapak dan ibu semua untuk melaksanakan ibadah haji," kata Lukman Hakim di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

"Ibadah haji sangat mengandalkan fisik yang prima. Tidak bisa tidak kesehatan jadi utama. Oleh karena itu, kita harus ingat pusat ibadah haji wukuf di Arafah. Jamaah haji kloter awal yang nanti akan tiba di Madinah dahulu, mohon jaga kesehatan," katanya.

Kepada jamaah haji, Menag Lukman berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan selama beribadah haji di Tanah Suci. Hal itu ditekankan Lukman karena ibadah haji sangat memerlukan fisik yang prima. Para jamaah haji saling menjaga diri satu dengan lainnya. Hal itu karena mayoritas jamaah haji tahun ini telah berusia lanjut.

"Dimohon untuk saling menjaga satu dengan yang lainnya, serta jika ingin pergi sedianya tetap bersama rombongan. Atau jika ingin pergi ke Masjidil Haram sendiri sedianya menghubungi ketua kelompoknya," tegas Lukman.

Dalam kesempatan itu, Lukman pun menyampaikan terima kasihnya kepada Kementerian Kesehatan yang selalu siap bekerja sama dalam penyelenggaraan ibadah haji tiap tahunnya. "Alhamdulillah dalam beberapa tahun terakhir proses penyelenggaraan ibadah haji terus mengalami perbaikan. Saya ucapkan terima kasih kepada Kemenkes, Imigrasi dan Kemenhub sehingga haji semakin membaik," katanya.

Secara keseluruhan, kuota jamaah haji Indonesia tahun ini sebanyak 221.000, terdiri atas 204.000 jamaah haji reguler dan 17.000 jamaah haji khusus. Kloter I akan terbang menuju Madinah Arab Saudi untuk menjalani ibadah arbain (jamaah haji mengejar keutamaan salat wajib 40 waktu tanpa putus di Masjid Nabawi) selama 8-9 hari. Setelah itu, mereka secara bertahap diberangkatkan menuju Mekah untuk menjalani proses ibadah haji. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,