Gerebek 4 Rumah di Surabaya Polisi Ringkus 93 Warga Asing

Gerebek 4 Rumah di Surabaya Polisi Ringkus 93 Warga Asing

Penggerebekan rumah di Surabaya Jawa Timur polisi mengamankan 93 warga asing. (foto - ist)

Surabaya - Satgas Khusus Mabes Polri juga melakukan penggrebekan di empat rumah di kawasan perumahan mewah Graha Family di Surabaya. Selain rumah di Bali dan Jakarta yang digerebek, rumah di Surabaya juga diduga dijadikan kantor untuk kejahatan siber tingkat internasional.

Dari penggerebakan, polisi menemukan ada 93 orang yang diduga melakukan penipuan dan pemerasan kepada sejumlah korban di negara Cina. Pelaku berasal dari Cina, Taiwan dan Malaysia. Mereka digrebek bersamaan di 4 rumah berbeda di dalam kompleks perumahan mewah Graha Family.

Masing-masing, di Blok N1, E58 E68 dan M21, Sabtu (29/7/2017) sekitar pukul 17.00 WIB. Ke-93 WNA tersebut terdiri atas 26 perempuan dan sisanya laki laki. Saat penggerebekan, sejumlah pelaku dikabarkan sempat melarikan diri.

Satgas khusus Mabes Polri juga mengamankan sejumlah barang bukti, yang digunakan untuk melakukan kejahatan siber penipuan lintas negara. Antara lain puluhan uang tunai jutaan rupiah, dan ratusan handphone serta laptop maupun perangkat internet lainnya.

Kepala Tim Tindak Satgas Khusus Mabes Polri AKBP Susatyo Purnomo Condro mengatakan, para pelaku kejahatan siber itu mempunyai peran mulai dari mengintip harta calon korban, hingga berperan sebagai aparat hukum. Tugas tersebut dibagi dalam empat level.

"Mereka terdiri atas beberapa level, mulai dari 1 hingga 4 yang berada di 4 rumah berbeda," katanya. Level terendah bertugas mengintip kekayaan dan mencari tahu profil calon korban mereka. Para pelaku yang digerebek yakni di Bali dan Jakarta serta Surabaya merupakan satu jaringan. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,