Dua Pilot India Diskors karena Lupa Tarik Roda Pendaratan

Dua Pilot India Diskors karena Lupa Tarik Roda Pendaratan

Dua Pilot India Diskors karena Lupa Tarik Roda Pendaratan. (foto - Nagpur Today)

Mumbai - Dua pilot Maskapai Air India diskors, setelah pesawat yang membawa 99 penumpang itu hampir kehabisan bahan bakar karena mereka lupa menarik roda pendarat. Insiden itu terjadi pada penerbangan Air India AI676, dalam penerbangan dari Kolkata ke Mumbai.
 
Pesawat Airbus A320 itu telah mengudara selama 90 menit dari penerbangan yang dijadwalkan berlangsung selama dua setengah jam, saat kedua pilot itu memutuskan untuk mengubah arah ke Nagpur. Keputusan itu diambil karena bahan bakar yang mereka miliki tidak cukup untuk membawa pesawat ke tujuannya semula.
 
Dilansir Mirror, Minggu (30/7/2017) pesawat itu kesulitan untuk menambah ketinggian dan terpaksa terbang di ketinggian 24 ribu kaki, dibandingkan ketinggian normal pada 35 sampai 37 ribu kaki. Pesawat itu juga hanya dapat terbang dengan kecepatan 230 knot, bukan pada kecepatan normal 500 knot.
 
Meski terbang dalam ketinggian dan kecepatan tak optimal, kedua pilot itu baru menyadari mereka lupa menarik kembali roda pesawat, setelah lepas landas. Roda pesawat yang terbuka selama penerbangan menyebabkan hambatan yang menambah konsumsi bahan bakar pesawat.
 
Ketinggian pesawat yang rendah juga menyebabkan konsumsi bahan bakar semakin besar, karena udara yang lebih padat menyebabkan efisiensi mesin yang buruk.
 
Seorang pilot senior Air India mengatakan, keluarnya roda pesawat selama penerbangan seharusnya menimbulkan suara berisik, yang terdengar oleh kru kabin dan penumpang serta menimbulkan getaran kencang. Ia merasa terkejut karena tidak ada seorang pun yang mengeluhkan kondisi penerbangan yang buruk. Para penumpang mengira hal itu disebabkan musim hujan.
 
"Kealpaan ini menunjukkan kesadaran situasional yang sangat buruk, dan tak adanya pengelolaan sumber daya antara kedua pilot pada penerbangan itu. Daftar periksa pasca-take off, termasuk memeriksa apakah roda pesawat telah ditarik," katanya.
 
Mereka baru menyadari roda pendaratan turun hanya saat bersiap mendarat di Nagpur, setelah kehabisan bahan bakar. Juru Bicara Air India Dhananjay Kumar mengatakan, kedua pilot telah dibebastugaskan sementara penyelidikan berlangsung. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,